UMS Dorong Pemerintah Laksanakan UN Online

UMS Dorong Pemerintah Laksanakan UN Online Aksi pelajar mendukung pelaksanaan ujian online.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS) dan 200 siswa SMA/SMK se Jawa Timur melakukan aksi solidaritas untuk mendukung dan mendorong pemerintah agar melaksanakanujian nasional secara online, di Gedung Rektorat UMS, Sabtu (26/3).

“Aksi ini merupakan bentuk dorongan terhadap pemerintah agar melaksanakan UN dengan sistem online. Ia prihatin dengan pelakasanaan UN selama ini yang masih rentan bocor, dan menghabiskan banyak biaya,” kata Mahasiswi Jurusan Pendidikan Matematika Alful Rahmania.

Baca Juga: Kembangkan Dasina untuk Keamanan Laut Natuna, ITS Gandeng Universitas Telkom dan STTAL

Menurut dia, aksi ini bentuk reaksi terhadap adanya beberapa pernyataan yang terkesan membuat siswa takut menggunakan sistem online, dengan alasan soal yang berbeda-beda. Menurutnya siswa tidak perlu ditakut-takuti dengan UN berbasis online, karena setiap hari dan setiap waktu siswa sudah memegang gadget dan tidak asing dengan online.

Siswa SMA Bhayangkari 3 Porong, Bayu mengakui dirinya setuju dengan pelaksanaan UN berbasis online. Selain lebih mudah tanpa harus menggunakan kertas dan mewarnai jawaban, mengerjakan UN dengan menggunakan komputer jauh lebih praktis.

"Kalau menggunakan Lembar Jawaban Komputer lama, kalau menggunakan komputer langsung tinggal klik," pungkas dia.

Baca Juga: Khofifah Optimis Bisa Perluas Jangkauan Sekolah Khadijah di Berbagai Daerah

Dalam aksi solidaritas tersebut ini siswa menggunakan peraga Istagram raksasa, sebagai bukti mereka melek teknologi dan siap melaksanakan ujian nasional secara online. (dev/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO