Inovasi Masjid High Technology ala Mahasiswa UMS

Inovasi Masjid High Technology ala Mahasiswa UMS Mahasiswa fakultas teknik UMS menciptakan inovasi masjid high technology yang dilengkapi dengan LED untuk barisan solat, alat perusak sinyal dan tempat parkir otomatis. (foto:antara)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mahasiswa Universitas Muhamadiyah Surabaya, menciptakan inovasi berupa alat pengatur parkiran secara otomatis dan ketepatan kiblat dari garis shaf untuk umat Islam yang sedang beribadah di masjid.

Penemuan alat tersebut dilatarbelakangi oleh kondisi bahwa Indonesia yang mayoritas beragama Islma dan banyaknya jumlah masjid. Namun jumlah masjid di Indonesia masih bersifat konvensional, jauh dari sentuhan kemajuan kreativitas dan inovasi.

Baca Juga: Kembangkan Dasina untuk Keamanan Laut Natuna, ITS Gandeng Universitas Telkom dan STTAL

Para mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surabaya tersebut kemudian membuat sebuah terobosan dalam mengembangkan konsep masjid high technology. Masjid dirancang dengan beberapa keunggulan, seperti Led shaf salat otamatis untuk meluruskan barisan ketika salat dan merapatkan shaf salat sesuai tuntunan.

Alat tersebutjuga mampu berfungsi merusak sinyal untuk menonaktifkan HP ketika salat dimulai. Selanjutnya, kompas arah kiblat otomatis dengan sinar laser digunakan untuk meluruskan shaf salat di luar lapangan ketika acara-acara besar keagamaan.

Selain itu, masjid juga dilengkapi dengan tempat parkir otomatis yang memudahkan jama’ah memarkirkan kendaraannya dalam menentukan slot parkir yang kosong.

Rektor UMSurabaya, Dr. Sukadiono, M.M, mengungkapkan, produk kreatif yang dibuat oleh mahasiswa merupakan sebuah gagasan baru dalam mengembangkan masjid inovatif dan berkemajuan, sebagai ciri khas gerakan Muhammadiyah yang berkemajuan.

Baca Juga: Khofifah Optimis Bisa Perluas Jangkauan Sekolah Khadijah di Berbagai Daerah

Ke depan, akan ada produk-produk kreatif mahasiswa dari UMS yang akan menyawab persoalan-persoalan ke depan.

“Kita ada program inovasi mahasiswa, di tahun ini kita punya 30 produk inovasi karya mahasiswa dan beberapa akan kita daftarkan paten. Usaha-usaha ini merupakan perwujudan dari visi kami, yaitu kampus sejuta inovasi,” ujarnya. (yan/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO