Kasus Kekerasan terhadap Anak di Jombang Meningkat di 2016

Kasus Kekerasan terhadap Anak di Jombang Meningkat di 2016 ilustrasi

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Kasus kekerasan terhadap anak yang terjadi di Kabupaten Jombang Jawa Timur meningkat pada tahun 2016 ini. Di Mei 2016, total sudah tercatat 17 kasus dengan 32 pelaku dari tahun sebelumya yang hanya 15 kasus kejahatan. Dari 17 kasus kekerasan terhadap anak meliputi dua tindak kejahatan, yakni sebanyak delapan kasus penganiayaan dan sembilan kasus persetubuhan.

Kepala Sub Bagian Humas Polres Jombang, Iptu Dwi retno surhati mengatakan, jumlah kasus tersebut mengalami peningkatan sebanyak 2 kasus di bulan yang sama pada tahun 2015.

Baca Juga: Bobol Rumah Kosong di Jombang, Residivis Asal Kediri Diringkus Polisi

"Di bulan yang sama pada 2015 hanya tercatat 15 kasus, dari total kasus yang terjadi sebanyak 58 kasus dengan 58 korban. Hal ini cenderung mengalami peningkatan," ujarnya kepada wartawan. Selasa (10/5).

Retno menambahkan, di tahun 2015 dari total 58 kasus kejahatan terhadap anak, 28 Kasus di antaranya persetubuhan, 12 kasus pencabulan dan 18 kasus penganiayaan. Dari semua kasus tersebut pihaknya berhasil mengamankan 62 pelaku.

"Sedangkan di tahun 2016 per Mei ini sudah kita amankan 32 pelaku dari 8 kasus penganiayaan dan 9 kasus persetubuhan yang menimpa anak-anak," ungkapnya.

Baca Juga: Satresnarkoba Polres Jombang Ringkus 2 Penjual Sabu ke Sopir Truk

Masih menurut Retno, sebagai pemahaman kepada masyarakat terkait proses hukum yang berlaku bagi korban atau pelaku kejahatan terhadap anak, pihaknya melakukan sosialisasi kepada sekolah-sekolah serta kepada ibu-ibu pengajian untuk lebih melakukan pengawasan terhadap anaknya, agar tindak kejahatan tidak terjadi. (ony/dio/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO