PNS Satpol PP Pasuruan Kepincut WIL, 21 Orang Ditipu Lowongan CPNS

PNS Satpol PP Pasuruan Kepincut WIL, 21 Orang Ditipu Lowongan CPNS Tersangka penipuan, Sutrisno Bambang Aribowo. foto: beritajatim

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sutrisno Bambang Aribowo (41 tahun) berhasil menipu sekitar 21 orang dengan mengaku mampu meloloskan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Anggota Bintara Polri.

Tersangka yang merupakan seorang PNS golongan III di Satpol Pamong Praja (PP) dan bertugas di Kabupaten Pasuruan ini nekat melakukan penipuan itu karena banyak hutang.

Sedangkan aksi penipuan itu sendiri, tersangka dapat meraup keuntungan hingga Rp 1,5 Miliar, lantaran aksi tersebut sudah dilakukan semenjak tahun 2013. Tapi baru satu orang melaporkan.

Sejumlah korban percaya, tersangka yang tinggal di Dharmawangsa 6/8 Surabaya ini saat mengahadapi korbannya menggunakan seragam Satpol PP dengan pangkat penata TK I.

Kini ulahnya terbongkar dan Sutrisno dijebloskan ke hotel prodeo Polrestabes setelah dibekuk oleh Unit Resmob Satreksrim Polrestabes Surabaya.

AKBP Shinto Silitonga, Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya menjelaskan kasus penipuan ini terungkap setelah polisi mendapatkan laporan dari korban yakni Ribut Sistiyono Rahadi.

Warga jalan Gubeng Kertajaya ini melaporkan telah menjadi korban penipuan yang dilakukan oleh tersangka.

"Korban waktu itu telah mengeluarkan uang Rp 35 juta rupiah, untuk menjadi PNS Satpol PP dan akan ditugaskan di Kabupaten Pasuruan," kata Shinto, kepada wartawan, Selasa (31/5).

Usai mendapatkan laporan itu, pihaknya langsung melakukan penyelidikan. Hingga akhirnya polisi mendapatkan barang bukti milik korban yang terdiri seragam Satpol PP atas nama Koko Yudistira.

"Dia (Sutrisno) ditangkap di rumahnya, awalnya sempat mengelak. Namun setelah ditunjukkan barang bukti tersangka tidak berkutik," lanjutnya.

Mantan Kabagbinops Ditreskrimus Polda Jatim ini juga melanjutkan setelah melakukan pemeriksaan, tersangka ini PNS golongan III dari sini memanfaatkan mencari orang yang bersedia mau menjadi PNS.

Lihat juga video 'Geger! Warga Banyu Urip Surabaya Temukan Mayat Bayi Saat Kerja Bakti':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO