3 Terduga Teroris Surabaya Dibekuk, Warga: Prio Hadi Purnomo Pernah Bilang Ikut Paham Radikal

3 Terduga Teroris Surabaya Dibekuk, Warga: Prio Hadi Purnomo Pernah Bilang Ikut Paham Radikal Suasana gang menuju rumah kost terduga teroris ketika penggerebekan berlangsung. foto: eko/bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSONLINE.com - Warga Jalan Lebak Timur III D No.18, Surabaya Jawa Timur, Rabu (08/6) pukul 13.00 WIB geger. Tiba-tiba pasukan Densus 88 Anti teror Mabes Polri berdatangan dan menggerebek salah satu rumah di kawasan tersebut.

Dalam pengrebekan tersebut Densus 88 berhasil mengamankan tiga terduga . Yaitu Priyo Hadi Purnomo (33), warga Jalan Lebak Timur III D No.8, dan Jefry, warga Jalan Kalianak Surabaya. Sementara untuk satu terduga belum diketahui identitasnya.

Baca Juga: Tiga Napi Tindak Pidana Terorisme di Lapas Kediri Nyatakan Ikrar Setia pada NKRI

Penggerebekan tersebut dilakukan di tiga lokasi yakni di Jl. Lebak Timur III, Jalan Kedung Doro, dan Jalan Kalianak No. 55 Surabaya. Pasukan anti teror ini berhasil mengamankan bom yang belum dirakit, satu pucuk senjata laras panjang rakitan dan sepucuk senpi rakitan.

Dalam catatan kepolisian, Priyo Hadi Purnomo merupakan residvis narkoba. Kapolsek Mulyorejo Kompol Bagus Dwi R mengatakan bahwa terduga itu pernah menjalani hukuman selama 9 tahun‎ dalam kasus narkoba dan penipuan.

"Kami masih belum tahu mereka merupakan jaringan , dan akan dibawa kemana saya juga tidak tahu silahkan langsung konfirmasi ke Densus saja," katanya.

Baca Juga: Napiter Asal Semarang Bebas di Lapas Tuban

Sementara itu dari pihak Densus 88 masih belum memberikan konfirmasi apapun. Sebab, mereka langsung membawa terduga dan semua barang bukti itu dari Tempat Kejadian menuju Mapolda Jawa Tinur.

Riky, salah seorang warga, menuturkan bahwa Priyo Hadi Purnomo dikenal sebagai orang yang kurang bersosialisasi di kalangan kampung Lebak Timur. "Dia (Priyo Hadi Purnomo) itu terkenal dengan panggilan Purnomo. Meskipun dia warga sini, anak istrinya di sini tapi jarang ada di sini. Cuma datang terus pergi lagi," kata Riky.

Menurut dia, terduga ini terkenal ikut aliran radikal. "Memang dia pernah bilang dia ikut aliran radikal, waktu ketemu di masjid pas Jum’atan," pungkas Riky.

Baca Juga: Densus 88 Libatkan PPATK dan Stakeholder untuk Telusuri Transaksi Terduga Teroris DE

Kombes Pol Argo Yuwono, Kabid Humas Polda Jatim mengatakan, untuk para pelaku terduga yang berhasil diamankan tim Densus 88 anti teror ini akan dibawa ke Mabes Polri untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Nanti ini akan dibawa ke Mabes Polri untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," katanya.

Sementara di Warung Titipan Ilahi di Jalan Kalianak, Densus 88 anti teror berhasil menemukan serbuk bahan kimia, cairan bahan kimia, timbangan, dan buku-buku tentang jihad. (eko)

Baca Juga: Alumnus Tebuireng itu Dekati Mantan Teroris dengan Ushul Fiqh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO