Fahri Hamzah: Pemerintah Tak Mau Dikontrol DPR, Rekrutmen Kader Parpol Buruk

Fahri Hamzah: Pemerintah Tak Mau Dikontrol DPR, Rekrutmen Kader Parpol Buruk Fahri Hamzah. Foto: detik.com

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Fahri Hamzah melontarkan kritik tajam terhadap pemerintahan Joko Widodo. Wakil Ketua itu menilai pemerintah saat ini mulai cenderung tidak mau dikontrol, sehingga segala kebijakan dan keinginannya diharapkan untuk diikuti oleh .

Kecenderungan pemerintah yang tidak mau dikontrol tersebut antara lain dalam pembahasan RUU Pengampunan Pajak (Tax Amnesty), yang menurut politisi PKS itu justru pembahasannya lebih menekankan keinginan, hasrat, dan bukan akal sehat.

Baca Juga: Bansos Beras Diharapkan Lanjut, Presiden Jokowi Janji Akan Bisiki Prabowo

"Secara akal sehat, berbahaya dampak dari RUU tersebut," kata Fahri Hamzah dalam acara buka puasa bersama dengan wartawan di Gedung Jakarta, Senin (27/6/2016).

Dia juga mengevaluasi tentang keberadaan parlemen dan partai politik yang dianggap sudah tak lagi ideologis.

Ia menilai, pentingnya membangun sistem parlemen modern, parlemen yang sama-sama kuat dengan pemerintah untuk saling kontrol demi terwujudnya rakyat, yang juga modern.

Baca Juga: BPIP Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila di Pasuruan

“Parlemen yang modern itu harus didukung dengan parpol yang modern, profesional. Hanya saja parpol saat ini tidak dibangun dengan warna ideologi politik yang jelas. Bahkan kalah dengan jebakan survei – popularitas seseorang dalam Pilkada dan Pemilu. Jadi, tak ada demokrasi tanpa penguatan parpol,” ujarnya.

Fahri mengatakan itu memang godaan-godaan dalam berkuasa. Di mana semua keinginannya diikuti, dan itu terjadi di seluruh belahan dunia ini.

"Sehingga dibutuhkan parlemen yang kuat. Hanya saja tidak mudah meyakinkan masyarakat, karena diidentikkan dengan hanya ngomong doang dan banyak korupsi,” ujarnya. Karena itu kata Fahri, saat ini ada trend pemrintah tidak mau diawasi dan sebaliknya menginginkan itu mengikuti saja kemauan pemrintah.

Baca Juga: Dilantik, Syafiuddin dan Imron Amin Proritaskan Kemajuan dan Kesejahteraan Pulau Madura

Bahkan simplisistis pemerintah itu bisa mempengaruhi , pers, dan ormas.

“Jadi, kita harus waspada dan memang diperlukan yang kuat. Kalau tidak, maka akan muncul kelompok ideologi ultranasionalis. Seperti Donald Trump di Amerika Serikat, partai baru AfD di German, dan lain-lain,” katanya. 

Fahri mengakui sistem rekruitmen kader di selama ini buruk, sehingga melahirkan system politik yang juga buruk. Di mana siapa saja dan apalagi memiliki modal, maka bisa menjadi pimpinan parpol.

Baca Juga: Bersama Presiden Jokowi, Menteri ATR/BPN Peroleh Brevet Kehormatan Hiu

“Kalau parpol sudah menghalalkan segala cara, maka akan melahirkan oligarki, dan oligarki masuk ke ,” katanya.

Ia juga mengeritik perilaku Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam persiapannya maju di pilkada serentak 2017 mendatang. Menurut dia, Ahok sudah melecehkan partai politik. Pasalnya, Ahok sempat menyepelekan parpol karena ia akan maju dengan jalur independen.

"Dalam kasus Ahok menuju pilkada DKI Jakarta, sempurna pelecehannya terhadap partai politik," katanya. 

Baca Juga: Menteri ATR/BPN Apresiasi Dukungan dari Komisi II DPR RI

Namun, setelah mengalami masalah pengumpulan dukungan KTP, menurutnya, Ahok kembali bersikap baik pada parpol. Ini dianggapnya telah menunjukkan sikap Ahok yang melecehkan parpol.

"Saat ada tanda-tanda dukungan kopian yang sudah dia peroleh akan bermasalah, dia langsung mendekatkan diri dan memuji partai politik. Ahok telah menggunakan partai politik untuk kepentingan pribadinya," ungkap Fahri.

Sayangnya, ujar politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, tidak satu pun di antara partai politik yang merasa dilecehkan. "Enak-enak saja tuh, sebagian partai politik bahkan mendukung Ahok lagi," sindirnya.

Baca Juga: Sekjen Kementerian ATR/BPN Teken Nota Kesepahaman dengan DPR RI

Sumber: jpnn/tribun jambi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Presiden Jokowi Unboxing Sirkuit Mandalika, Ini Motor yang Dipakai':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO