Musda PAN Sidoarjo, Kader di DPRD Didorong Maju Bursa Calon Formatur

Musda PAN Sidoarjo, Kader di DPRD Didorong Maju Bursa Calon Formatur LAKSANAKAN INSTRUKSI: Ketua Fraksi PAN DPRD Sidoarjo, Bangun Winarso di DPRD Sidoarjo, Rabu (20/7). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Perhelatan Musyawarah Daerah (Musda) ke-IV Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Sidoarjo tampaknya bakal menarik karena bakal banyak pilihan dan opsi untuk menetapkan empat formatur.

Sebab Fraksi PAN DPRD Sidoarjo dalam beberapa kesempatan, menjelang Musda, telah mendorong semua anggota Fraksi PAN untuk mengikuti bursa calon pengurus teras DPD PAN Sidoarjo periode 2015-2020 tersebut.

Baca Juga: Diusung Koalisi Besar, Mas Iin-Edy Widodo Daftar ke KPU Sidoarjo Jelang Penutupan

Saat ini, kader PAN yang duduk menjadi anggota DPRD Sidoarjo, berjumlah tujuh orang. "Sesuai arahan dari Pak Ketua Umum (Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, red) yang mendorong kader PAN di eksekutif dan legislatif. Makanya kami juga mendorong semua anggota Fraksi PAN untuk mendaftar di Musda PAN Sidoarjo," cetus Ketua Fraksi PAN DPRD Sidoarjo, Bangun Winarso kepada BANGSAONLINE, Rabu (20/7).

Kata Bangun, kader PAN yang duduk di Eksekutif dan Legislatif, dinilai mampu berkomunikasi dengan pihak eksternal sehingga bisa membantu untuk kepentingan membesarkan partai.

Selain itu, sosok calon juga diharapkan dari kader yang juga berlatar belakang pengusaha sehingga memiliki kemampuan finansial, serta sosok yang selama ini menjadi tokoh dan panutan di masyarakat.

Baca Juga: Daftarkan Bacaleg Beragam Latar Belakang, PAN Sidoarjo Targetkan 8 Kursi DPRD

Jika mengacu pernyataan Bangun, nanti menjelang nama formatur ditetapkan oleh DPW PAN Jawa Timur, setidaknya akan ada tujuh bakal calon formatur sesuai dengan jumlah anggota Fraksi PAN DPRD Sidoarjo dan ditambah calon-calon lain

Mereka ini, H Emir Firdaus, H Mahmud Untung, HM Khulaim Junaidi, Bangun Winarso, H Haris, Achmadi Jauhari, dan Rizal Fuady.

Kendati demikian, di antara tujuh nama tersebut, baru dua yang sudah menyerahkan berkas formulir pendaftaran ke panitia SC Musda ke-IV PAN Sidoarjo, yaitu HM Khulaim Junaidi dan H Mahmud Untung, pada hari pertama pendaftaran, Senin (18/7) lalu.

Baca Juga: Bupati Muhdlor Rangkul Semua Parpol Sukseskan RPJPMD Sidoarjo

"Pak Khulaim dan Pak Mahmud memang sudah mendaftar," tandas Bangun, yang juga anggota Panitia SC Musda ke-IV PAN Sidoarjo.

Selain kedua anggota Fraksi PAN ini, dua kader PAN lainnya juga sudah menyerahkan formulir pendaftaran, yaitu Agung Wibowo (Wakil Sekretaris bidang Litbang DPD PAN Sidoarjo) dan Wawan (Wakil Sekretaris bidang Pengkaderan DPD PAN Sidoarjo).

Bagaimana dengan Bangun,? Politisi PAN asal Krian ini mengaku bakal mendaftar pada hari terakhir pendaftaran, Minggu (24/7) mendatang. "Insya Allah saya akan menyerahkan formulir pada 24 Juli nanti," tandas Bangun.

Baca Juga: Bupati Gus Muhdlor Optimistis Herd Immunity di Sidoarjo Segera Terbentuk

Sementara, ditanya soal sosok Ketua dan pengurus teras PAN ke depan? Bangun berharap pada sosok yang mampu melakukan konsolidasi internal yang diharapkan mampu mengembangkan sayap-sayap partai.

"Konsolidasi internal harus selesai dulu. Ini untuk meminimalisir perbedaan yang terjadi di internal yang mungkin sebagai efek Pileg, Pilpres dan Pilkada," jlentrehnya.

Konsolidasi ini, diharapkan mampu menjadikan internal partai lebih kondusif, sehingga partai semakin kuat untuk menghadapi pertarungan Pemilihan Legislatif 2019 mendatang. "Seyogyanya pimpinan PAN lima tahun mendatang, memiliki pemikiran yang progresif untuk menghadapi Pileg 2019 nanti. Kita sekarang ini tidak hanya berjalan, tapi sudah harus meloncat dan bila perlu berlari untuk meraih kemenangan PAN dalam Pileg 2019," tandas Bangun Winarso.

Baca Juga: ​Musda ke-V PAN Sidoarjo, Enam Formatur Dapat Tugas Bentuk Kepengurusan

Sementara sebagai informasi, Musda ke-IV PAN Sidoarjo ini bakal digelar pada Minggu (31/7) mendatang. Saat ini dilakukan pendaftaran bakal calon formatur, yang selanjutnya akan ditetapkan menjadi empat formatur oleh DPW PAN Jatim.

Empat nama formatur itu, ditambah satu utusan dari DPW PAN Jatim, nanti akan melakukan musyawarah mufakat untuk memilih Ketua, Sekretaris, Bendahara dan Wakil Ketua Bidang Pengembangan Organisasi dan Keanggotaan (POK), yang selanjutnya akan disahkan dalam arena Musda. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO