​Inilah Manfaat Daun Bawang bagi Tulang, Mata, Jantung dan Kekebalan Tubuh

​Inilah Manfaat Daun Bawang bagi Tulang, Mata, Jantung dan Kekebalan Tubuh Foto: tempo.co

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Harvard School of Public Health di Amerika Serikat mengumumkan, makin banyak kita mengonsumi buah dan sayuran, makin kecil kemungkinan penyakit berbahaya menyerang kita. Karena makanan segar yang dipetik dari pohon itu mengandung nutrisi penting bagi semua fungsi fisiologis setiap orang.

Nah, salah satu jenis sayuran yang tak boleh diabaikan, meski banyak pula orang yang tidak menyukainya, adalah daun bawang. Daun berbentuk panjang dan bulat, seperti rumput besar, itu mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang sangat baik buat kesehatan. 

Baca Juga: Terbantu Kacamata Gratis, Didik Warga Kota Kediri Puas dengan Layanan JKN

Daun bawang tak pernah dimasak sebagai sayuran utama. Biasanya daun ini dijadikan tambahan untuk sup, bubur ayam, mie ayam, bakso, atau salad. Lalu, apa saja manfaat daun bawang:

1. tulang

Dalam 12 gram daun bawang terkandung 20 mikrogram vitamin K dan 1,6 miligram vitamin C. Buat seorang laki-laki dewasa, jumlah tersebut memenuhi 16 persen dari kebutuhan harian vitamin K dan 2 persen kebutuhan vitamin C. Buat seorang perempuan, jumlah tersebut memenuhi 22 persen kebutuhan harian vitamin K dan 2,1 persen kebutuhan vitamin C.

Vitamin K dan C sangat penting bagi perkembangan tulang dan menjaganya tetap kuat dan sehat. Bila kita kurang mengasup kedua jenis vitamin itu, risikonya adalah terserang osteoporosis atau tulang mudah patah.

Baca Juga: Ingin Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit? RSU Kusuma Pamekasan Perkenalkan Metode ILA WELA

2. mata

Tubuh membutuhkan vitamin A untuk menghasilkan rhodopsin, protein pada mata yang memungkinkan reseptor retina menyerap cahaya. Orang yang kekurangan vitamin A berisiko mengalami kebutaan dan masalah penglihatan lainnya. 

Sebatang daun bawang mengandung 24 mikrogram vitamin A dalam bentuk karoten provitamin A, yang oleh tubuh diubah menjadi retinol, bentuk aktif dari vitamin tersebut. Jumlah vitamin A tersebut mencukupi kebutuhan harian seorang pria sebanyak 2,6 persen dan wanita 3,4 persen.

Baca Juga: Anti Belang, ini Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Sensitif

3. jantung

Vitamin C dan A yang terdapat pada daun bawang mengandung zat antioksidan yang kuat, begitu laporan dari Pusat Medis Universitas Maryland di Amerika Serikat. Antioksidan ampuh memerangi dampak buruk radikal bebas yang bisa merusak jaringan dan sel-sel tubuh yang bisa berakibat kanker atau penyakit jantung. Vitamin C juga mampu mencegah tekanan darah tinggi, salah satu pemicu penyakit jantung.

4. sistem kekebalan tubuh

Baca Juga: Pj Gubernur Jatim dan Menteri Kesehatan Resmikan Layanan Imunoterapi Kanker di RS Bhayangkara

Daun bawang mengandung flavonoid semacam quercetin dan anthocyanins yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh serta mencegah kanker.

Sumber: TEMPO.CO/HEALTHYEATING

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Terbukti! Cara ini Basmi Kecoa di Mobil Anda':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO