Luncurkan Wisata Parlemen, Karang Taruna Sidoarjo Dorong Siswa SMA Kenali DPRD

Luncurkan Wisata Parlemen, Karang Taruna Sidoarjo Dorong Siswa SMA Kenali DPRD LAUNCHING: Ketua Karang Taruna Sidoarjo Imam Safii menandatangani MoU Wisata Parlemen dengan Ketua DPRD Sullamul Hadi Nurmawan dan Kabid Pendidikan Menengah Diknas Tirto Adi, di Gedung DPRD, Kamis (1/9). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE.com

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Karang Taruna Kabupaten mendorong para siswa SMA sederajat di Kabupaten setempat memahami tugas dan wewenang wakil rakyat yang duduk di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Caranya bukan dengan menggelar seminar atau diskusi, namun melalui kegiatan bertajuk Wisata Parlemen.

Melalui Wisata Parlemen, siswa SMA akan diajak berkunjung ke Gedung DPRD Sidoarjo, di Jalan Sultan Agung Nomor 39, Kota Sidoarjo. Selain bisa melihat langsung sejumlah ruangan-ruangan misalnya ruang Komisi dan ruang Fraksi, para siswa ini diberi kesempatan untuk menjadi peninjau dalam rapat Paripurna dan rapat panitia khusus (Pansus).

Program Wisata Parlemen ini rencananya akan dimulai bulan September ini. Launching program Wisata Parlemen ini ditandai dengan ditekennya nota kesepahaman antara Karang Taruna Sidoarjo, Dinas Pendidikan dan DPRD, di ruang Paripurna Gedung DPRD Sidoarjo, Kamis (1/9) sore tadi.

Dalam kesempatan ini, hadir para kepala SMA dan SMK, baik negeri maupun swasta. "Kami menyambut baik kegiatan semacam ini. Pendidikan politik semacam ini penting," cetus Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan. Katanya, melalui Wisata Parlemen, siswa bisa belajar langsung mengenai tugas kedewanan dan sejumlah pengetahuan praktis mengenai politik.

Di depan para kepala SMA dan SMK ini, Sullamul juga bercerita mengenai gagasan e-Parlemen, sebuah program DPRD Sidoarjo yang bertujuan 'mendekatkan' wakil rakyat dengan masyarakat melalui teknologi informasi (IT). "Jika Wisata Parlemen satu-satunya di Indonesia, kami juga memiliki e-Parlemen yang kami harapkan juga satu-satunya di Indonesia," jlentreh politisi PKB ini.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Sidoarjo Imam Safii menjelaskan, program Wisata Parlemen ini bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan DPRD Sidoarjo. Wisata Parlemen akan memfasilitasi para siswa SMA belajar langsung dengan mengunjungi kompleks Gedung DPRD Sidoarjo. "Siswa juga diberi kesempatan berdialog dengan anggota dewan," cetusnya.

Kata Imam Safii, Wisata Parlemen ini dijadwalkan berlangsung sebulan sekali. Pesertanya bergiliran dari beberapa SMA. Program Wisata Parlemen ini diharapkan menjadi bagian dari upaya pendidikan politik, khususnya kaum muda, yang juga diharapkan mendongkrak tingkat partisipasi pemilih pemula. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO