Seorang Nelayan di Situbondo Hilang, 30 Personel Tim SAR Gabungan Diterjunkan Lakukan Pencarian

Seorang Nelayan di Situbondo Hilang, 30 Personel Tim SAR Gabungan Diterjunkan Lakukan Pencarian Tim dari BPBD Situbondo saat melakukan pencarian nelayan yang hilang di perairan Kalbut. foto: BANGSAONLINE

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Seorang nelayan di Situbondo dilaporkan hilang di tengah laut saat sedang melaut mencari ikan di sekitar perairan Kalbut, Kecamatan Mangaran Situbondo.

Diketahui ABK PLM jenis slerek yang hilang melaut itu diketahui bernama H. Sudi Mukap alias Siddiq (55) warga Dusun Pecinan Desa Besuki Kecamatan Besuki.

Baca Juga: Puluhan Nelayan Panarukan Antar Supriyono Daftar Bacalon Bupati Situbondo Lewat PPP

Informasi yang dihimpun BANGSAONLINE.com, PLM Harapan 2 milik Rofiki berangkat melaut sekitar pukul 15.00 WIB, Minggu (04/09) sore dari pelabuhan Besuki dengan 20 ABK. Setibanya di perairan Kalbut, seperti biasanya H. Sudi Mukap turun ke laut dengan menaiki rakit sambil membawa peralatan penerangan untuk melepas dan mengitari jaring.

Nahas, berselang lima menit, tiba-tiba mesin PLM Harapan 2 mati sehingga kondisi di laut menjadi gelap. H. Sudi Mukap yang menaiki rakit terpisah dengan perahunya dan hilang. Ironisnya lampu yang dibawa oleh H. Sudi Mukap yang berfungsi sebagai penerang rakit mati.

Pada saat mesin mati, sekitar pukul 03. 00 dini hari untungnya ada PLM Slerek Irek yang melintas dan langsung menolong serta menarik PLM Harapan Dua ke Pelabuhan Kalbut. Sementara H. Mukap tidak diketahui keberadaannya.

Baca Juga: Sempat Hilang, Nelayan Situbondo Ditemukan Terombang-ambing di Lautan

Sejak senin (5/9) pagi tim yang terdiri dari BPBD Situbondo, Basarnas dan Polairud melakukan pencarian disekitar TKP hilangnya korban. Namun hasilnya nihil. 

Akhirnya tim SAR gabungan kembali melanjutkan melakukan pencarian terhadap Sudi Mukap (55), hari ini. Tim SAR gabungan tersebut terdiri dari Basarnas Kabupaten Situbondo, BPBD, Satpol Air dan Tagana Kabupaten Situbondo. 

Saat ditemui Selasa (6/9) pagi, Anggota Basarnas, Jefri mengatakan, kalau di hari pertama pencarian dipusatkan di sekitar TKP hilangnya korban, di hari kedua penyisiran dan pencarian korban akan dipusatkan ke arah barat daya sejauh 10 mil dari Pelabuhan Kalbut, kemudian dilanjutkan ke arah tenggara.

Baca Juga: Bocah SD di Situbondo Tewas Tenggelam Saat Mandi di Sungai Desa Kotakan

"Hari ini ada sekitar 30 personil yang terlibat dalam pencarian, mereka menggunakan kapal motor milik Basarnas, Polairud dan perahu karet BPBD, disamping itu juga ada lima rekan korban yang ikut melakukan pencarian dari wilayah Besuki," kata Jefri (stb1/had/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO