Terobosan Gus Solah, Bangun Karakter Santri Lewat Latihan Militer di Diklat Kader Pesantren

Terobosan Gus Solah, Bangun Karakter Santri Lewat Latihan Militer di Diklat Kader Pesantren

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - KH Ir Salahuddin Wahid (Gus Solah), Pengasuh Pondok Jombang Jawa Timur terus melakukan terobosan terutama untuk pengembangan pendidikan pesantren.

Setelah sukses membangun infrastruktur dan sistem pendidikan kini cucu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Hadratussyaikh Muhammad Hasyim Asy’ari itu berupaya mengembangkan sistem pembentukan karakter para santri. ”Kekuatan pesantren ada pada pembinaan akhlak atau karakter santri di pondok,” kata Gus Solah, Rabu malam (7/9/2016).

Baca Juga: Terima Dubes Jepang untuk Indonesia, Pj Gubernur Jatim Bahas Pengembangan Kerja Sama

Kepada bangsaonline.com, adik kandung presiden ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu bercerita tentang upayanya selama ini mencaripembina santri yang baik namun sulit ditemukan.

”Setelah pusing mencari Pembina yang baik, tahun lalu saya punya ide membuat diklat (pendidikan dan latihan) kader pesantren,” tutur insinyur lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) itu.

Gus Solah serius sekali untuk membangun karakter santri ini. Buktinya, ia membangun gedung senilai Rp 1,5 miliar untuk sarana diklat kader pesantren ini.

Baca Juga: Silaturahmi ke Keluarga Pendiri NU, Mundjidah-Sumrambah Minta Restu

Gus Solah kemudian menyusun kurikulum khusus selama 6 hingga 7 bulan. Kurikulum ini ketat karena menyangkut kedisiplinan santri juga.”Dimulai dengan latihan militer,” katanya.

Agar latihan kader pesantren di ini efektif dan aplikatif, maka sistemnya dibuat perpaduan antara teori dan praktik. ”Dua bulan di ruang kelas. Satu bulan lagi magang di berbagai pesantren. Seperti di pesantren Sidogiri Pasuruan, Gontor Ponorogo, Ploso Kediri dan sebagainya,” ceritanya.

Lalu yang satu bulan lagi secara khusus membahas hasil magang, fokus pada pembinaan karakter.

Baca Juga: Persiapan Konferwil NU Jatim Capai 100 Persen, Pembukaan Siap Digelar Malam ini

Gus Solah mengungkapkan bahwa diklat kader pesantren tersebut sudah berjalan efektif sejak Februari-Mei 2016.”Pagi ini sampai Desember angkatan ke-2,” tutur mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesa (PMII) itu.

Biaya untuk diklat kader pesantren ini cukup besar. ”Satu angkatan biayanya sekitar Rp 175 juta,” tutur mantan ketua PBNU dua periode itu. Tentu ini ditanggung pesanren .

Siapa pesertanya? ”Mahasiswa semester 8 sampai 9 dari Ma’had Aly dan Unhasy atau yang baru tamat,” tutur Gus Solah. Unhasy adalah Universitas Hasyim Asy’ari di bawah naungan .

Baca Juga: Ponpes Tebuireng Siap Gelar Konferwil NU XVIII

Sedang Ma’had Aly adalah lembaga pendidikan tinggi di pesantren yang materi pelajarannya khusus ilmu agama tingkat tinggi. Ma’had Aly ini khusus mencetak kiai atau intelektual muslim dengan penguasaan kitab-kitab kuning secara mumpuni. (ma)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO