Iran Pasok 44 Ribu Metrik Ton Elpiji Lewat Situbondo Jawa Timur

Iran Pasok 44 Ribu Metrik Ton Elpiji Lewat Situbondo Jawa Timur Kapal Pertamina Gas 2 membawa 44 ribu MT elpiji dari Iran menuju Pelabuhan Kalbut Situbondo, Jawa Timur. foto: Adhi Wicaksono/CNN Indonesia

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - National Iranian Oil Company () memasok 44 ribu metrik ton (MT) elpiji kepada PT (Persero) pada Kamis (13/10)

Kapal Very Large Gas Carrier (VLGC) Gas 2 membawa gas tersebut dari Iran menuju Pelabuhan Kalbut , Jawa Timur yang secara resmi menjadikan Iran sebagai negara pemasok baru elpiji untuk Indonesia.

Baca Juga: Pelayanan SPBU Mulung Tuban Tak Profesional, Pertamina Siap Turun Tangan

Direktur Utama Dwi Soetjipto menjelaskan, elpiji tersebut tiba di Indonesia setelah kapal Gas 2 menempuh perjalanan selama 13 hari dari Pelabuhan Asaluyeh di Iran.

“Semoga pengiriman ini menjadi penanda babak baru kerjasama - dan menjadi pintu pembuka bagi kerjasama perdagangan Indonesia-Iran yang lebih signifikan," kata Dwi dikutip dari laman perusahaan, Kamis (13/10), dikutip cnn indonesia.

Kontrak jual beli elpiji dengan dirintis sejak 24 Februari 2016, ketika Pemerintah Indonesia menjajaki kerjasama sektor minyak dan gas bumi dengan Pemerintah Iran. Hal tersebut ditindaklanjuti dengan pembuatan Head of Agreement (HoA) antara dengan pada 30 Mei 2016.

Baca Juga: Ini Respons Bupati Kediri Soal Kelangkaan Tabung Gas Elpiji yang Dikeluhkan PKL

Dalam HoA tersebut, sepakat untuk membeli elpiji sebanyak 600 ribu MT untuk pengiriman 2016 dan 2017.

“Kargo berikutnya dari akan tiba sekitar 20 November 2016,” kata Dwi.

Selain membuat kontrak jual beli elpiji, dua perusahaan pelat merah itu punya kesepahaman untuk melakukan preliminary study terhadap dua lapangan minyak raksasa di Iran, yaitu Ab-Teymour dan Mansouri (Bangestan - Asmari). Keduanya diyakini memiliki cadangan lebih dari 5 miliar barel per Agustus 2016 lalu.

Baca Juga: Polres Situbondo Ringkus 2 Pengedar Ratusan Pil Trex

"Berkat kerja keras dan kerja sama yang baik dari semua pihak, baik di internal maupun eksternal dalam penyiapan administrasi, keuangan dan operasi, kapal Gas 2 yang membawa kargo elpiji (Butane/Propane) itu telah tiba di Kalbut, dengan selamat," katanya.

Dwi mengatakan, kedatangan kapal ini sekaligus menandai babak baru kerja sama antara PT dengan National Iranian Oil Company (), dan menjadi pintu pembuka bagi perdagangan Indonesia-Iran yang lebih signifikan.

Dwi menjelaskan lifting perdana ini juga akan membuka peluang pengembangan bisnis lain antara dengan baik di wilayah hulu maupun hilir.

Baca Juga: Gelar Demo, Massa Aksi Desak KPK Tangkap Bupati Situbondo

"Keberhasilan ini tak lepas dari dukungan pemerintah yang diawali melalui MoU G to G antara Indonesia dan Iran pada 24 Februari 2016 lalu, yakni antara Dirjen Migas yang dilanjutkan dengan kunjungan Menteri ESDM ke Iran bersamaan dengan disepakatinya Head Of Agreement (HOA) antara dengan pada 30 Mei 2016," katanya.

Dalam kerja sama tersebut, juga disepakati jual beli elpiji milik dengan untuk tahun 2016 dan 2017 dengan total volume 600.000 Matrik Ton (MT), dan pembeliannya melalui transaksi langsung serta secara komersial.

Tujuannya, akan memberikan manfaat kepada kedua belah pihak, utamanya bagi yang selalu menargetkan pasokan dengan harga yang kompetitif.

Baca Juga: Klarifikasi 2 Kiai soal Korupsi Bupati Situbondo: Tidak Ada Penggeledahan KPK

Selain pembelian elpiji, dengan sebelumnya juga telah menandatangani nota kesepahaman "preliminary study" atau studi pendahuluan terhadap dua lapangan minyak raksasa di Iran, yaitu Ab-Teymour dan Mansouri (Bangestan - Asmari) yang memiliki cadangan lebih dari 5 miliar barel pada Agustut 2016 lalu.

Untuk membuka kerja sama tersebut, juga melakukan beberapa kali kunjungan untuk mendalami aspek komersial, aspek operasi serta aspek kepatuhan kepada hukum.

juga memastikan proses kerja sama ini berjalan sesuai dengan ketentuan, yakni dengan melakukan "due diligence" atau uji tuntas atas semua pihak yang terlibat dalam mata rantai proses kerja sama.

Baca Juga: KPK Geledah 3 Rumah Kiai di Situbondo

Sementara itu, muatan elpiji yang bersandar perdana ini adalah sebanyak 44.000 metrik ton (MT), dan dibawa dari Iran dari Pelabuhan Asaluyeh dengan menempuh perjalanan sekitar 13 hari.

Sementara, setelah kapal perdana rencananya kargo berikutnya dari akan tiba pada akhir pekan ke-3, yakni sekitar tanggal 20 November 2016. (tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pasangan Edi Hadiyanto Daftar Bacakada Situbondo ke PPP':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO