Pemkab Gresik Borong 8 Piala Adiwiyata 2016

Pemkab Gresik Borong 8 Piala Adiwiyata 2016 Wabup Moh. Qosim bersama Kadispendik, Mahin dan para kepala sekolah usai menerima penghargaan. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - kembali berhasil menyabet penghargaan Adiwiyata. Tahun ini, berhasil menyabet 8 adiwiyata untuk lima sekolah.

Sekolah-sekolah yang terpilih sebagai penerima penghargaan Sekolah Adiwiyata 2016 tersebut telah melalui sejumlah tahapan penilaian serta verifikasi lapangan yang dilakukan sejak bulan Agustus hingga November 2016 lalu.

Baca Juga: Kunjungi Wisata Mangrove Karangkiring Gresik, Ning Nurul Lakukan Pembinaan 10 Program Pokok PKK

Kelima sekolah penerima penghargaan tersebut adalah SDN 1 Sidokumpul, SDN 2 Sidokumpul, SDN 3 Sidokumpul, SDN 1 Cerme Kidul, SDN Sukorame, SDN Kedanyang, SMPN 1 Menganti dan SMPN 2 Cerme.

Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto berharap penghargaan Adiwiyata ini tak hanya sebagai simbol. Tapi harus disertai tanggung jawab untuk semua warga sekolah serta masyarakat untuk menciptakan lingkungannya sesuai kaidah. "Karena kebersihan, keindahan itu sebagian dari iman," ujar Bupati.

Sementara Wabup Moh. Qosim mengaku bersyukur atas penghargaan yang diraih oleh 8 sekolah di Kabupaten Gresik tersebut.

Baca Juga: Plt Bupati Gresik Salurkan 335 Paket BLT DBHCHT di Ujung Pangkah dan Panceng

Dia menyatakan bahwa Kabupaten Gresik merupakan kabupaten yang memperoleh penghargaan terbanyak tahun ini dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya.

“Kami sangat bersyukur atas penghargaan tersebut. Hal ini merupakan wujud komitmen Bupati dalam mewujudkan Gresik menjadi kabupaten Adiwiyata menjadi kenyataan. Hingga saat ini, sudah hampir 100 penghargaan Adiwiyata yang sudah diterima oleh Kabupaten Gresik,” katanya.

Menurut Wabup, sebagai Kota Industri, Gresik mempunyai tantangan untuk berkomitmen menjadikan Kota tetap bersih dan indah, sehingga pembangunan di bidang lingkungan merupakan program prioritas bagi Pemkab.

Baca Juga: 2.000 ASN Pemkab Gresik Ikuti Pembekalan Penilaian Kompetensi 2024

“Kami berharap semua pihak ikut mendukung. Mulai dari pemerintah, pabrik, perusahaan, para tokoh masyarakat hingga segenap warga masyarakat, semua ikut ambil bagian untuk mewujudkan Gresik indah dan Gresik sehat. Jika kebersihan terjaga dengan baik, maka derajat kesehatan masyarakat meningkat, Angka Harapan Hidup (AHH) Gresik juga meningkat, pada gilirannya kesejahteraan masyarakat Gresik otomatis semakin baik,” terangnya.

Penghargaan berupa piala tersebut diserahterimakan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan prof. Dr. Muhadjir Effendy kepada para kepala sekolah saat acara Sarasehan Sekolah Adiwiyata 2016 sebagai rangkaian kegiatan Hari Cinta Puspa Satwa Nasional (HCPSN) yang bertempat di Auditorium Manggala Wanabakti, Jakarta, Selasa (13/12).

Para kepala sekolah diundang ke Jakarta untuk menerima piala penghargaan Adiwiyata 2016 dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Baca Juga: Dinas Pendidikan Gresik Teken MoA dengan Unesa

Program Adiwiyata adalah insentif dan bentuk apresiasi bagi sekolah-sekolah yang menunjukkan komitmen dan mau bekerja keras untuk memenuhi 4 komponen yang ditentukan, yaitu kebijakan sekolah, kurikulum, kegiatan berbasis partisipatif dan sarana prasarana pendukung pendidikan berbasis lingkungan. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO