Demokrat Kantongi 5 Nama di Pilgub Jatim, Karwo: Tak Ada Nama AHY

Demokrat Kantongi 5 Nama di Pilgub Jatim, Karwo: Tak Ada Nama AHY Soekarwo

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Partai Demokrat terus memantau nama-nama potensial yang akan diusung di Pilgub Jawa Timur 2018. Terbaru, partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini mengusulkan nama Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Dengan masuknya Anas, maka Demokrat sudah mengantongi lima nama yang akan diseleksi untuk menggantikan Soekarwo dalam pemilihan Gubernur Jawa Timur tahun depan.

Baca Juga: Didampingi Arumi, Cawagub Emil Dardak Blusukan ke Pasar Menganti Gresik

"Semuanya yang dicalonkan di sini saya usulkan, biar nanti guyub (rukun) calonnya itu. Nanti disurvei elektabilitasnya," kata Ketua DPD Demokrat Jawa Timur, Soekarwo, Kamis (2/3).

Dari lima nama bakal calon itu, Soekarwo yang juga Gubernur Jawa Timur ini menegaskan tidak akan mengusulkan nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang tumbang di Pilgub DKI Jakarta putaran pertama lalu.

"Insya Allah tidak ada (AHY). Hari ini tambah lima, tambah Anas lagi. Kan setelah itu disurvei," akunya.

Baca Juga: Tri Rismaharini Sapa Pekerja Pabrik Rokok dan Kampung di Malang

Sebelumnya, AHY disebut-sebut akan diproyeksikan Demokrat ke Pilgub Jawa Timur pasca tumbang di DKI Jakarta. Lalu, setelah memutuskan tidak mengusung putra SBY itu, Demokrat mengusulkan nama Bupati Abdullah Azwar Anas.

Dan rencananya akan kembali mengusulkan nama anggota DPR dari Partai Nasional Demokrat (NasDem), Hasan Aminuddin. Nama-nama potensial akan terus diusulkan ke DPP Demokrat hingga mencapai delapan nama.

"Sudah dibuat (nama bakal calon yang diincar) ada delapan. Ini sudah lima, yang lain silakan kira-kira (sendiri). Nanti tambah lagi, enam. Hasan (Hasan Aminuddin)," ucapnya.

Baca Juga: Disambut Doa, Khofifah Ajak Santri Ponpes Al Anwar Bangkalan untuk Tempuh Pendidikan yang Tinggi

Soekarwo juga memastikan, survei untuk delapan nama yang diusulkan itu, akan dilakukan pada pertengahan Maret ini. "Kemarin (survei) semestinya akhir Febuari, tapi saya kemarin koordinasi, baru pertengahan Maret selesai. Keputusan nanti September oleh majelis tinggi partai," paparnya.

Sekadar diketaui, kelima nama bakal calon yang sudah dikantongi Demokrat antara lain; Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Ketua DPW PKB Jawa Timur Abdul Halim Iskandar dan Wagub Saifullah Yusuf atau Gus Ipul.

"Semua kita usulkan ke pusat. Semuanya baik. Makanya kami usulkan. Tapi ini kan belum selesai, masih 'koma' belum titik (final)," tandasnya.(mdr/mer/lan)

Baca Juga: Ikhtiar Menangkan Khofifah-Emil, DPW PKS Jatim Konsolidasikan Kader

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO