Ungkap Rasa Syukur, Nelayan Banjarkemuning Sidoarjo Gelar Sedekah Laut

Ungkap Rasa Syukur, Nelayan Banjarkemuning Sidoarjo Gelar Sedekah Laut LARUNG SESAJI: Para nelayan Desa Banjarkemuning Sedati Sidoarjo saat menggelar Sedekah Laut di muara desa setempat, Sabtu (29/4) siang tadi. foto: istimewa

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Para nelayan warga Desa Banjarkemuning Kecamatan Sedati Sidoarjo menggelar Sedekah Laut atau Petik Laut, di muara sungai desa setempat, Sabtu (29/4). Kegiatan ritual ini sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan YME.

Acara Sedekah Laut yang dimulai sekitar pukul 09.21 WIB itu sangat meriah. Terbukti dari keantusiasan ratusan warga yang mayoritas mata pencahariannya sebagai nelayan dan petani tambak, ikut mengiringi larung sesaji ke tengah-tengah laut dengan menggunakan 120 perahu.

Sedekah Laut ini juga dimeriahkan dengan tari-tarian asli Desa Banjar Kemuning, yakni Tari Turen dan Tari Banjar Kemuning yang dimainkan oleh anak-anak warga desa setempat. Selain itu juga terdapat sepasang ondel-ondel yang diiringi musik patrol turut serta memeriahkan acara Sedekah Laut tersebut.

Kades Banjar Kemuning, Zainul Abidin mengatakan, kegiatan Petik Laut atau Sedekah Laut ini, merupakan kegiatan tahunan yang digelar pada setiap bulan Ruwah. Hal itu dilakukan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan atas hasil ikan yang diperoleh para nelayan.

"Petik laut ini merupakan rasa syukur kami, warga Desa Banjar Kemuning yang mayoritas sebagai nelayan dan petani tambak kepada Tuhan yang maha kuasa dan kami lakukan dalam bentuk budaya," cetus Zainul Abidin kepada wartawan.

Dalam Sedekah Laut tersebut, para nelayan berdoa agar diberi keselamatan dan hasil tangkapan ikan melimpah serta berkah. "Semoga di tahun depan, para nelayan khususnya Desa Banjarkemuning mendapatkan tangkapan ikan yang melimpah dan berkah," tandas Zainul Abidin. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO