Siswa SMP di Sidoarjo Ajak Warga Beli Ikan Nelayan

Siswa SMP di Sidoarjo Ajak Warga Beli Ikan Nelayan PEDULI: Siswa SMP Muhammadiyah 5 Tulangan, saat aksi mengajak warga membeli ikan hasil tangkapan nelayan, depan Kantor DKP Sidoarjo, Rabu (6/4). foto: musta’in/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Puluhan Siswa SMP Muhammadiyah 5 Tulangan, , mengajak warga mengkonsumsi ikan hasil tangkapan dari nelayan. Caranya, para siswa menggelar aksi berpakaian ala nelayan dan membagikan stiker di depan kantor Dinas Kelautan dan Perikanan , Jl Dr Soetomo, Rabu (6/4). Aksi ini merupakan bentuk siswa untuk memperingati Hari Nelayan Nasional, 6 April.

Selain bagi-bagi stiker, para siswa juga juga membakar ikan bandeng di pinggir jalan. Setelah matang, ikan bandeng itu dibagikan ke pengguna jalan.

"Hari ini kami peringati hari Nelayan Nasional dan berharap agar masyarakat di ini membeli ikan hasil tangkapan nelayan, karena ikan itu sangat di butuhkan oleh tubuh kita," cetus Azhriel Andika, siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Tulangan .

Menurut Anik Mujiati, salah satu guru SMP Muhammadiyah 5 Tulangan, saat ini profesi nelayan makin terpinggirkan. Di sisi lain hasil tangkapan dan budidaya ikan juga makin menurun kerena kualitas air sungai dan pesisir sudah tercemar.

"Kami berharap masyarakat di tetap membeli ikan dari hasil tangkapan nelayan,” cetusnya kepada wartawan.

Ia menyebut, Indonesia negara kepulauan yang memiliki garis pantai yang terpanjang ke dua di dunia dan 60 persen penduduknya, hidup di pesisir.

Sementara, Kasi Pembinaan Dinas Perikanan dan Kelautan Inang Yudorini menjelaskan, pihaknya mendukung aksi para siswa SMP ini, karena jarang ada aksi seperti ini. “Dengan aksi ini, harapannya masyarakat bisa membeli ikan dari nelayan sendiri," jlentreh Inang Yudorini. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO