Diduga Borgol Longgar, Tahanan Narkoba Lapas IIB Lumajang Kabur Usai Jalani Sidang

Diduga Borgol Longgar, Tahanan Narkoba Lapas IIB Lumajang Kabur Usai Jalani Sidang Kepala Lapas Lumajang, Agus Pritiatno.

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Satu narapidana kasus narkoba dilaporkan kabur saat turun dari mobil tahanan Kejaksaan Negeri Lumajang, pasca menjalani sidang di Pengadilan Negeri setempat, sekitar pukul 17.15 WIB, Selasa (02/05).

Tahanan yang kabur diketahui bernama M. Ali Fatteh bin Abdul Karim (37) warga Desa Bades, Kecamatan Pasirian. Tahanan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Lumajang itu berhasil kabur sebelum masuk pintu Lapas setempat.

Baca Juga: Kejari dan Lapas IIB Lumajang Saling Tuding Soal Kaburnya Tahanan Narkoba Usai Sidang

Menurut Sutrisno (48) tahanan asal Dusun Cabean, Desa Jarit, Kecamatan Candipuro, Ali Fatteh berangkat ke Pengadilan Negeri Lumajang bersama 24 tahanan lainnya, dengan menaiki mobil tahanan kejaksaan dengan pengawalan satu orang anggota Sabhara Polres Lumajang.

Setelah persidangan selesai, Ali bersama tahanan lain kembali ke Lapas menaiki mobil semula bersama 17 tahanan lain. Namun, sebelum masuk mobil, 17 narapidana tersebut diborgol secara berpasangan di depan ruang tahanan Pengadilan Negeri Lumajang.

"Saya berpasangan dengan Ali, saya diborgol tangan kiri, sedangkan Ali di borgol tangan kanan," kata Sutrisno.

Baca Juga: Gelar Apel Bersih, Kalapas II B Tegaskan Tak Segan-segan Laporkan Petugas dan Napi yang Melanggar

Sutrisno mengatakan, selama di dalam mobil tahanan Kejaksaan, Ali Fatteh menggoyang-goyangkan borgol di tangan kanannya, sehingga borgol di tangan Ali longgar dan terlepas dari tangannya.

Setelah sampai di Lapas, kata Sutrisno, tahanan satu per satu turun dari dalam mobil kejaksaan. "Setelah giliran kami, tiba-tiba Ali melarikan diri," terangnya.

Sementara Kepala Lapas Kelas IIB Lumajang Agus Pritiatno membenarkan ihwal kaburnya narapidana kasus narkoba itu. Menurut dia, kaburnya Ali Fatteh lantaran borgol di tangannya lepas sehingga Ali mudah kabur saat hendak masuk ke dalam Lapas.

"Masih di halaman luar Lapas, belum masuk, langsung Ali kabur. Teryata sudah ada yang menunggu Ali dengan mengendarai sepeda motor Beat warna putih dengan helm teropong dan berhasil kabur ke arah selatan," terang Agus.

Hingga saat ini Ali masih dalam pencarian petugas gabungan.

Sebelumnya, pada malam pergantian tahun 2017 kemarin, Ali yang juga terjerat kasus pencurian sepeda motor itu sempat melakukan upaya kabur dibantu temannya saat ditahan di tahanan Polres Lumajang. Namun, upaya tersebut gagal lantaran teman Ali lebih dahulu diringkus petugas Polres Lumajang. (ron/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO