4 Lulusan SMK Gresik Bakal Ikuti Diklat Smelter

4 Lulusan SMK Gresik Bakal Ikuti Diklat Smelter

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Sedikitnya 4 orang Alumni SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Karya Bakti Gresik lolos seleksi menuju diklat operator smelter program Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Badan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Geologi, Mineral dan Batubara (PPSDM Geominerba).

Mereka adalah Dicky Pradana Putra (Alumni 2015), Abu Rizal Firmansyah (2016), Sofyan Ardansyah (2016), dan Syalahudin Al Ayubi (2017).

Baca Juga: Pastikan Awal MPLS Lancar, Wakil Bupati Gresik Sidak ke Sejumlah Sekolah

Diklat yang akan berlangsung di Gedung Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral dan Batubara Bandung bertujuan untuk mendidik siswa menjadi tenaga operator smelter.

“Diklat ini sangat menjanjikan untuk masa depan siswa yang bersangkutan, karena di Gresik ada perusahaan smelter," ujar Kepala SMK Karya Bakti Gresik Lina Surjawati, kemarin.

Dikatakan dia, sesuai arahan pihak Kementerian ESDM, tujuan Diklat untuk menyediakan tenaga kerja lokal terdidik, dan siap pakai, dan diharapkan bisa menjadi karyawan perusahaan smelter. “Semoga mereka semua para peserta Diklat ini bisa tertampung perusahaan smelter seluruh Indonesia khususnya di Gresik,” harap dia.

Baca Juga: Syahrul Terkesan dengan Sistem Pembelajaran di SMP Milik Ainun Najib

Program Kementerian ESDM ini bekerja sama dengan Asosiasi Perusahaan Industri Pengolahan dan Pemurnian Mineral Indonesia (AP3I). Kementerian ESDM bekerjasama dengan AP3I agar nantinya para siswa yang sudah mengikuti Diklat tidak hanya bisa bekerja pada sektor industri smelter, namun bersama-sama ikut terlibat dan bekerja pada sektor lain untuk membangun wilayahnya.

“Peserta tak dipungut biaya sepeser pun. Segala pembiayaan pendidikan, akomodasi, transportasi dibiayai APBN. Saya berharap setelah lulus nanti mereka dapat bekerja di industri smelter baik ferro maupun nonferro,” ujar Lina.

Selain peserta dari Gresik, Diklat Operator smelter program Kementerian ESDM melalui Badan PPSDM Geominerba tahun 2017 diikuti peserta dari Konawe-Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Sertifikat Ditolak, Ketua Fraksi PKB DPRD Gresik Dampingi Orang Tua Atlet Daftar PPDB Jalur Prestasi

PT. Smelting sebagai anggota AP3I ikut berkontribusi dalam mencari kandidat siswa diklat di area Gresik. PT Smelting mendukung keberadaan Diklat ini dengan menjadi pengajar selama diklat dilaksanakan.

Melalui program ini, setidaknya PT Smelting telah berupaya memberikan informasi dan edukasi terhadap generasi muda. Hal ini penting karena PT Smelting sebagai satu-satunya perusahaan peleburan tembaga di Indonesia. (hud/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO