BLH Gresik Ajak Masyarakat Daur Ulang Sampah

BLH Gresik Ajak Masyarakat Daur Ulang Sampah Kepala BLH Gresik Sumarno saat memperhatikan petugas mendaur ulang sampah. foto: syuhud/bangsaonline

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pemkab Gresik berupaya mencari terobosan untuk mengatasi persampahan. Salah satunya, mengajak masyarakat untuk mendaur ulang sampah yang dapat bernilai ekonomis.

“Kami ajak masyarakat agar tak mentradisikan membuang sampah yang bisa dimanfaatkan," ujar Kepala BLH Sumarno, Jumat (6/10).

Menurut dia, ada sejumlah sampah rumah tangga yang bisa dimanfaatkan secara ekonomis, seperti sisa makanan, daun, sayur-sayuran dan sejenisnya. "Sampah rumah tangga jenis ini kan bisa dimanfaatkan untuk pupuk dengan sebelumnya dilakukan daur ulang," ujar dia.

Kemudian, lanjut Sumarno, sampah jenis plastik,dan kertas. Sampah jenis ini juga bisa didaur ulang dan berlaku ekonomis. "Kan bisa dibuat map, tas, tempat tisu dan lainnya," papar dia.

Sumarno mengakui, untuk mengajak masyarakat agar memanfaatkan sampah tidak mudah. Di samping butuh keahlian/skill, juga butuh waktu luang dan ketelatenan. "Makanya BLH akan intens lakukan pelatihan," pungkas dia. (hud/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO