September Dana Bansos dan Hibah di Jatim Kembali Disalurkan

SURABAYA (bangsaonline) - Pemerintah Provinsi Jawa Timur dipastikan kembali mengaktifikan bantuan sosial (bansos) dan hibah untuk masyarakat, meskipun pilpres masih belum tuntas karena ada gugatan salah satu capres ke Mahkamah Konstitusi.

"Kita rencanakan bansos dan hibah akan kita gulirkan lagi, bagi pemprov,pilpres tinggal beberapa tahapan saja dan akan secepatnya selesai," kata Gubernur Jatim Soekarwo (Soekarwo), kemarin (8/8).

Baca Juga: Kota Kediri Kembali Salurkan BLT, Pj Zanariah: Belanjakan yang Bermanfaat

Dana bansos dan hibah, menurut dia, tidak langsung bisa dicairkan dalam bulan ini, karena pemprov masih menyiapkan seluruh perangkat hukumnya setelah pilpres selesai.

Ia menargetkan, September seluruhnya sudah tuntas dan bisa digulirkan bulan itu juga.

"Kalau sekarang saya harus siapkan payung hukumnya agar tidak muncul masalah hukum dikemudian hari," katanya.

Baca Juga: Cukup Gunakan KTP dan KK, Pemkot Kediri Salurkan Bantuan Sosial untuk ODKB

Waktu dua bulan, katanya, cukup untuk menyiapkan semua perangkat hukum yang dibutuhkan, begitu tuntas maka dana bansos dan hibah sudah bisa dimanfaatkan lagi oleh masyarakat.

"SE (surat edaran) akan saya siapkan, sebab itulah satu satunya payung hukum. Nanti juga akan saya laporkan ke Pemerintah Pusat serta Komisi Pembrantasan Korupsi (KPK) agar semuanya legal," ujarnya.

Sebagaimana diketahui Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan pemerintah pusat meminta pemerintah provinsi, kabupaten dan kota untuk menghentikan sementara penyaluran dana bansos dan hibah selama pilpres berlangsung.

Baca Juga: Wapres Peringatkan Penerima Bansos yang Main Judi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO