​Diam-diam Emil Dardak Ziarah ke Makam Sunan Ampel

​Diam-diam Emil Dardak Ziarah ke Makam Sunan Ampel Emil Dardak saat ziarah di makam Sunan Ampel Surabaya didampingi KH Muhammad Azmi Nawawi. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Religiusitas Emil Elestianto Dardak, Bupati Trenggalek, ternyata cukup kuat. Buktinya, secara diam-diam tanpa ada sorotan media, calon wakil gubernur Jawa Timur ini ziarah ke Makam Sunan Ampel, Sabtu (9/12/) petang.‎

Kedatangan ke komplek makam pemimpin Wali Songo ini tidak akan terungkap jika Emil tidak mengupload di akun instagram pribadinya @emildardak. Ada dua postingan di akun yang memiliki 59,500 follower itu.

Postingan pertama terlihat dengan batik dan peci hitam khusus bermunajat di depan makam Wali Songo yang punya nama asli Raden Rahmat itu di upload jam 19.30 WIB. Dengan status caption ‘Alhamdulillah mendapat kesempatan untuk ziarah ke Makam Sunan Ampel bersama Ketua Ta’mir masjid Agung Sunan Ampel Surabaya H. Muhammad Azmi Nawawi’.

Memang dalam ziarah itu, cucu KH. Mohammad Dardak itu tidak sendirian. Bupati termuda yang nanti berpasangan dengan Ketua Umum Muslimat NU di Pilgub Jatim itu didampingi beberapa kolega dekatnya. Antara lain Kuswanto (Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Jatim) dan Dedy Prasetyo (Sekretaris DPC Partai Demokrat Surabaya). Ketiganya dalam ditemani langsung oleh Takmir Masjid Agung Sunan Ampel H Muh Azmi Nawawi.

Postingan IG kedua adalah berfoto bareng di depan pintu masuk makam utama Sunan Ampel yang pada hari itu cukup ramai peziarah.

Salah satu tokoh yang ikut mendampingi , Kuswanto, ketika dikonfirmasi membenarkan bahwa dirinya baru saja ziarah ke makam Sunan Ampel di kawasan Surabaya Utara itu. “Iya tadi sore Mas Emil spontan ngajak ziarah ke Makam Sunan Ampel,” terang Kuswanto.

Lanjut Kuswanto, sengaja tidak mengajak banyak orang, karena ziarah ini tujuannya adalah murni berdoa di tempat yang mustajabah. “Ya murni hanya berdoa di makam Sunan Ampel, nggak ramai-ramai,” imbuh Kuswanto.

Sebelum ziarah, juga melakukan sholat Jamaah Maghrib bersama warga dan peziarah dari berbagai penjuru Jawa Timur itu. Kuswanto menepis jika ziarah ini dikaitkan pilgub Jatim. Apalagi belum ada kandidat lainnya yang sudah mendatangi makam Ulama besar penyebar agama Islam seluruh Indonesia itu, kecuali . ‎ (mdr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO