Kunjungan ke Empat Ponpes di Jombang, Jokowi: Sumbangsih Ulama dan Kiai untuk Bangsa Sangat Besar

Kunjungan ke Empat Ponpes di Jombang, Jokowi: Sumbangsih Ulama dan Kiai untuk Bangsa Sangat Besar Jokowi di makam KH. Hasyim Asy'ari, KH. Wahid Hasyim, dan KH. Abdurrahman Wahid. foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Kunjungan kerja Presiden RI, Joko Widodo di , Jawa Timur, berlangsung cukup lama. Sebab, dijadwalkan mengunjungi beberapa Pondok Pesantren, Selasa (18/12/2018).

Di antaranya Pesantren Darul Ulum di Desa Rejoso Kecamatan Peterongan, Pesantren Tebuireng, Pesantren Mambaul Maarif, Denanyar dan Pondok Pesantren Tambakberas , .

Baca Juga: Menteri ATR/BPN Hadiri Upacara HUT ke-79 TNI

(Presiden menabur bunga di makam Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur)

Dalam kunjungannya ini, Presiden pertama kali telah meresmikan Rusunawa di Pondok pesantren Darul Ulum. Acara tersebut kemudian dilanjutkan dengan meresmikan Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asyari di lingkungan Pondok Pesantren Tebuireng dan ziarah ke makam Presiden ke-4 KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Baca Juga: Bansos Beras Diharapkan Lanjut, Presiden Jokowi Janji Akan Bisiki Prabowo

( mendapatkan penjelasan Islamisasi di berbagai daerah saat menugnjungi Museum Islam Indonesia KH. Hasyim Asy'ari di Ponpes Tebuireng)

Presiden mengakui besarnya sumbangsih para ulama dan kiai untuk bangsa. Menurutnya, kemerdekaan Indonesia salah satunya merupakan perjuangan dari para ulama.

Baca Juga: Bobol Rumah Kosong di Jombang, Residivis Asal Kediri Diringkus Polisi

“Saya perlu ingatkan bahwa Indonesia yang kita miliki sekarang dengan bentuk NKRI berlandaskan ideologi pancasila sejatinya turut dibentuk oleh para ulama, santri, dan umat Islam bersama-sama dengan elemen bangsa lainya,” kata saat meresmikan Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asyari, di Tebuireng.

Dalam kesempatan itu, juga mengingatkan akan persatuan dan kerukunan yang merupakan aset terbesar bangsa indonesia. Sehingga, dia meminta kepada masyarakat dan seluruh umat islam untuk menjaga kerukunan dan ukuwah islamiyah.

Baca Juga: Bersama Presiden Jokowi, Menteri ATR/BPN Peroleh Brevet Kehormatan Hiu

“Bangsa kita ini adalah bangsa yang majemuk, beragam, berbeda-beda, warna-warni, baik beda suku, agama, adat tradisi dan bahasa daerahnya,” tegasnya.

Usai dari Tebuireng, akan melanjutkan kunjungannya di Pondok Pesantren Mambaul Maarif, Denanayar, dan Tambakberas, . Di dua Pesantren ini Presiden akan meresmikan Bank Wakaf Mikro dan bersilaturahmi dengan sejumlah kiai serta masyarakat . (ony/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Presiden Jokowi Unboxing Sirkuit Mandalika, Ini Motor yang Dipakai':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO