Nyaleg DPR RI, Mantan Kajati Jatim Maruli Bertekad Terus Berantas Korupsi

Nyaleg DPR RI, Mantan Kajati Jatim Maruli Bertekad Terus Berantas Korupsi RESMI: Ketua DPW NasDem Jatim memberikan tumpeng kepada Maruli Hutagalung saat peresmian Posko Berani di Sidoarjo, Jumat (21/12). foto: MUSTAIN/BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Meski kini sudah pensiun menjadi aparat penegak hukum, mantan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jatim Maruli Hutagalung bertekad terus memberantas korupsi. Maruli kini Caleg DPR RI asal Partai NasDem dari Dapil Jatim I (Surabaya-Sidoarjo).

Tekad itu pun diwujudkan dengan mendirikan Posko Berani (Berantas Korupsi Bersama Maruli) di kawasan Perum Taman Pinang Indah (TPI) Sidoarjo, Jumat (21/12). “Walaupun sudah pensiun sebagai aparat penegak hukum, saya ingin korupsi perlahan-lahan hilang di Negara kita,” cetusnya.

Baca Juga: Setelah Golkar, Mujib Imron-Wardah Nafisah Terima SK B1 KWK dari NasDem

Maruli sendiri mengaku Posko Berani yang didirikan ini menjadi saksi bersama timnya untuk bersatu, berjuang dan menang. Bukan hanya untuk dirinya dan NasDem, tapi juga NKRI. “Tempat ini yang akan menjadi saksi,” tandas Maruli.

Maruli bercerita, dirinya sempat ragu ketika dilamar oleh Ketua DPW Partai Nasdem Jatim Sri Sajekti Sudjunadi untuk gabung bersama NasDem.

Namun, keraguan itu sirna, setelah dia bertatap muka dengan masyarakat. Banyak masukan yang diterima dari masyarakat dan tokoh-tokoh politik.

Baca Juga: NasDem Merapat ke Khofifah-Emil, Khofifah : Kami Akan Kerja Keras Meraih Kemenangan

“Semua sudah saya ajak bicara. Saya sadar, bahwa saya tidak akan bisa jadi anggota DPR kalau tidak dibantu rakyat. Jika terpilih, saya harus datang lagi ke rakyat. Silakan rakyat berkunjung ke kantor jika saya terpilih nanti,” tandasnya.

Jika sebelumnya menjadi jaksa banyak membongkar kasus-kasus korupsi. Ketika jadi dewan nanti, Maruli menyebut bakal lebih banyak ke pencegahan. Seperti mengusulkan antikorupsi masuk dalam kurikulum sejak SD, SMP, SMA dan sebagainya.

“Sambil memantau praktik-praktik di DPR dan sebagainya. Kalau ada praktik korupsi, tinggal saya laporkan bukti-buktinya agar diberantas oleh yang berwenang,” tandasnya.

Baca Juga: Beri Rekom, NasDem Siap Menangkan Gus Barra-Rizal di Pilbup Mojokerto

Maruli juga berjanji bakal menyerahkan separo gajinya sebagai anggota DPR RI untuk rakyat. Separonya lagi, untuk operasional dirinya menjalankan tugas. "Uang pensiun saya sudah cukup. Anak-anak juga sudah mandiri semua," urainya.

Ketua DPW Partai NasDem Jatim Sri Sajekti Sudjunadi yang hadir dalam peresmian Posko Berani ini menyebut, pihaknya sangat mendukung program dan visi-misi yang diusung Maruli dalam mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI.

"Pak Maruli ini spesial. Saya sendiri yang melobinya untuk gabung dengan Nasdem agar melanjutkan perjuangan lewat legislatif setelah pensiun. Orang seperti Pak Maruli ini sangat penting untuk memberantas korupsi di Indonesia," cetus Janet, sapaan akrab Sri Sajekti Sudjunadi.

Baca Juga: Sah Jadi Ketua Nasdem Gresik, Jiddan: Target Saya Jadi Parpol Pemenang

Katanya, track record Maruli mumpuni selama 38 tahun menjadi jaksa. Utamanya dalam upaya pemberantasan korupsi. "Jika jadi DPR lalu duduk di komisi yang membidangi hukum, tentu bakal sangat efektif dalam upaya pemberantasan korupsi,” pungkas Janet. (sta/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO