Puluhan Ribu Petugas KPPS dan Linmas akan Dilantik Rabu Mendatang

Puluhan Ribu Petugas KPPS dan Linmas akan Dilantik Rabu Mendatang Damhudi, Ketua KPU Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Puluhan ribu petugas KPPS yang tersebar di 1.974 TPS di Pacitan akan dilantik Rabu (27/3) besok. Mereka merupakan petugas yang akan diterjunkan saat hari H pencoblosan nantinya.

"Masing-masing TPS ada sembilan petugas. Tujuh di antaranya petugas KPPS dan dua orang lainnya merupakan petugas linmas," kata Damhudi, Ketua KPU Pacitan, Senin (25/3).

Menurut Damhudi, puluhan ribu petugas KPPS serta linmas tersebut sudah memenuhi kualifikasi yang disyaratkan. Baik jenjang minimal pendidikan atau batas minimal usia.

"Bagi yang tidak memiliki ijazah SLTA, ketentuannya sepanjang mereka bisa baca dan tulis. Begitu pun dengan petugas linmas yang akan berjaga di TPS saat hari H pemungutan suara nantinya. Sepanjang mereka bisa baca dan tulis, sekalipun tidak tamat SLTA, secara aturan diperbolehkan," jelasnya.

Saat ditanya penyediaan seragam untuk petugas linmas, Damhudi menegaskan kalau hal itu bukan kewenangan KPU. "Itu (seragam linmas) bukanlah kewenangan KPU untuk pengadaannya," tegas dia. (yun/dur) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO