Pemantau Pemilu Independent PMII (PPIP) Resmi Terakreditasi

Pemantau Pemilu Independent PMII (PPIP) Resmi Terakreditasi

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemantau Pemilu Independent PMII (PPIP) secara resmi terakreditasi pada hari Senin, (01/04). PPIP diinisiasi oleh Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Sidoarjo, yang beberapa hari baru dilantik. Hadir dalam deklarasi PPIP, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sidoarjo Haidar Munjid.

Dalam kesempatan ini, Ketua menyampaikan dengan terakreditasinya PPIP menunjukan kesadaran komponen masyarakat itu tinggi dalam mewujudkan pemilu yang berkualitas. “PPIP akan menjadi mitra strategis Bawaslu dalam melakukan pemantauan pemilu. Apalagi background PPIP dari Nahdlatul Ulama yang merupakan organisasi besar itu jelas akan banyak membantu,” tuturnya.

Baca Juga: Kampanyekan Pilkada Damai, Polresta Sidoarjo Sebar Imbauan Anti-Hoaks

Sedangkan Penanggung Jawab PPIP sekaligus Ketua PMII Sidoarjo M Burhanul Muhlasonny menyampaikan latar belakang pembentukan PPIP ada beberapa hal. Pertama, PPIP merupakan bentuk keterpanggilan salah satu komponen bangsa yang ingin berkontribusi besar mewujudkan pemilu yang bermartabat dan berkualitas. Kedua, hadirnya PPIP sebagai bentuk penguatan terhadap lembaga pemantauan pemilu yang ada di Regional Sidoarjo. Karena potensi kecurangan pemilu ke depan begitu besar kemungkinan terjadinya.

Saat ini elemen kepengurusan yang tergabung dalam PPIP meliputi jajaran Pengurus Rayon hingga Pengurus Komisariat atau kampus-kampus se-Kabupaten Sidoarjo.

Lebih lanjut Muhlasony menjelaskan, ke depan PPIP tidak hanya bekerja sama lembaga penyelenggara pemilu seperti Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU). “PPIP juga siap bekerja sama dengan siapa pun baik dari kalangan akademisi, kampus atau LSM bahkan Lembaga Pemantau pemilu Luar Negeri demi mewujudkan pemilu yang bermartabat,” pungkasnya. (cat)

Baca Juga: Genjot Partisipasi Pemilih, KPU Jatim Gandeng PPI Sidoarjo Sosialisasi Pilkada Serentak 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO