Maju Pilkades, Kapolsek Lodoyo Timur Blitar Kantongi Izin dari Kapolda Jatim

Maju Pilkades, Kapolsek Lodoyo Timur Blitar Kantongi Izin dari Kapolda Jatim Kabag Ops Polres Blitar Kompol Kompol Wachid Arifaini.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - AKP Sukadi Kapolsek Lodoyo Timur, Kabupaten Blitar, mencalonkan diri sebagai kepala desa. Sukadi maju dalam Pilkades Desa Bacem, Kecamatan Sutojayan, pada Pilkades serentak Kabupaten Blitar 15 Oktober mendatang.

Majunya AKP Sukadi sebagai salah satu kontestan Pilkades ini dibenarkan . Kabag Ops Kompol Wachid Arifaini mengatakan, AKP Sukadi bahkan telah mendapatkan restu dari Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan.

Baca Juga: Polisi Mendadak Bongkar Makam Santri di Blitar, Ada Apa?

"Benar, jadi ada satu anggota yang masih aktif dan menjabat sebagai Kapolsek Lodoyo Timur yang mencalonkan diri sebagai kepala desa. Beliau sudah mendapatkan izin dari bapak Kapolda dan diperbolehkan (maju Pilkades)," ungkap Arifaini, Rabu (9/10/2019).

Kompol Wachid Arifaini menambahkan, meskipun maju Pilkades, sesuai aturan AKP Sukadi tidak harus mundur sebagai anggota Polri. AKP Sukadi hanya mendapatkan cuti pada saat hari H pemungutan suara.

Jika terpilih, AKP Sukadi harus menyerahkan jabatannya sebagai kapolsek ke kapolres untuk dicarikan penggantinya. Namun apabila tidak terpilih, maka yang bersangkutan akan kembali melaksanakan tugasnya sebagai kapolsek.

Baca Juga: Puluhan Warga Selorejo Blitar Keracunan Makanan

"Kalau terpilih otomatis sebelum pelantikan sebagai kades terpilih harus menyerahkan tugasnya sebagai kapolsek ke kapolres untuk dicarikan pengganti. Namun kalau tidak terpilih AKP Sukadi tetap akan kembali menjalankan tugasnya sebagai anggota Polri," jelasnya.

Meski ada anggota yang mencalonkan diri sebagai kades, Arifaini menjamin kepolisian tetap bersikap netral. Ia juga menginstruksikan jajarannya agar menjaga netralitas dan kondusivitas selama tahapan pilkades berlangsung.

Tahun ini sebanyak 167 desa di Kabupaten Blitar akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Pilkades serentak ini akan dilaksanakan pada 15 Oktober 2019 mendatang. (ina/rev)

Baca Juga: Santri Ponpes di Ponggok Blitar Meninggal, Diduga Usai Dilempar Ustad dengan Kayu Berpaku

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO