Wisata Gunung Kelud Kian Memesona

Wisata Gunung Kelud Kian Memesona Para wisatawan saat menikmati keindahan alam di Gunung Kelud. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar kata , orang pasti membayangkan kedahsyatan letusannya. Sekali meletus, abu bisa menghentikan operasional beberapa bandara. Bahkan, bandara di Yogya pun harus berhenti beroperasi ketika meletus karena abu Kelud bisa berkelana sampai ke Yogya.

Tapi banyak orang yang belum mengetahui di balik kedahsyatannya ketika meletus, ternyata memiliki berbagai destinasi wisata yang layak dikunjungi. Apalagi kawasan pegunungan biasanya memang menawarkan keindahan alam dan kesejukan udara yang sangat menenangkan dan membuat hati nyaman.

Baca Juga: Tahun Depan, Sumber Corah Pare akan Dibuka Lagi

Setelah meletus tahun 2014 lalu, yang menjadi salah satu obyek wisata andalan Kabupaten Kediri ini malah semakin banyak dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Keindahan panorama pegunungan yang ditawarkan menjadi daya tarik utama wisatawan untuk berkunjung ke wisata .

(Pintu gerbang masuk ke kawasan wisata . Pintu gerbang ini biasa disebut sebagai Pos 1)

Baca Juga: Nanas Khas Gunung Kelud Jadi Incaran Wisatawan saat Musim Liburan, Segini Harganya

Memasuki pintu gerbang, para wisatawan langsung disuguhi pemandangan alam yang mempesona. Di kanan-kiri jalan beraspal yang mulus menuju kawah, para wisatawan juga bisa menikmati jalan misteri di mana mobil bisa berjalan sendiri di jalan naik, padahal mesin dimatikan.

Fenomena ini menjadi salah satu penarik wisatawan untuk berkunjung ke .

Selain itu, kini di sisi kanan dan kiri jalan oleh Pemkab Kediri juga sudah dibangun tempat-tempat bermain dan wisata edukasi. Seperti Agrowisata Margomulyo dan Kampung Durian. Konsep agrowisata diusung pemerintah Kabupaten Kediri untuk menarik wisatawan yang berkunjung ke sini.

Baca Juga: Serunya Liburan di Sumber Kurung Kediri, Bisa Terapi dan Minum Kopi Campur Rempah-Rempah

Taman ini dikenal dengan nama Taman Agro Kediri. Jenis tanaman yang ada di agrowisata ini sendiri cukup beragam. Yang paling menarik adalah adanya tanaman bunga-bunga seperti krisan, mawar, matahari, kana, hujan mas, refugia, dan sebagainya.

Wisata gunung kelud selanjutnya adalah kampung durian. Area wisata Kampung Durian luasnya hanya sekitar 1 hektare saja. Namun di dalamnya ada banyak fasilitas yang cukup lengkap. Dengan adanya 30 pohon durian, di sini pengunjung bisa menikmati durian dengan puas.

Saat ini, juga sudah dibangun hutan tanaman obat. Di mana di hutan ini ditanam berbagai tanaman obat dan sekaligus juga menjual jamu kering yang sudah dikemas dalam plastik.

Baca Juga: Jelang Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220, Pemdes Panjer Gelar Kirab Budaya dan Sesuci Tirta

Destinasi selanjutnya adalah Flying Fox dan kawah di Puncak .

Puncak terdapat kawah dan tentunya kawah ini menjadi salah satu titik puncak wisata yang paling menarik bagi wisatawan. Setelah letusan pada tahun 2007, kawah ini sempat hilang, tapi setelah letusan tahun 2014, danau kawah sudah terlihat lagi dan suasananya mirip dengan Danau Kelimutu.

Kawah dikelilingi oleh tiga puncak utama yaitu puncak kelud, puncak sumbing, dan puncak gajah mungkur.

Baca Juga: Indahnya Waduk Siman, Tempat Liburan Alternatif di Kediri

Pemerintah Kabupaten Kediri saat ini terus mengembangkan dan menambah destinasi wisata , agar para wisatawan baik domestik maupun mancanegara semakin banyak pilihan ketika berwisata ke . (uji/adv/kominfo).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO