Tahun 1918, Kota Gunnison Sukses Selamat dari Flu Spanyol yang Tewaskan 50 – 100 Juta Manusia

Tahun 1918, Kota Gunnison Sukses Selamat dari Flu Spanyol yang Tewaskan 50 – 100 Juta Manusia Korban influenza Spanyol masuk ke rumah sakit darurat di Camp Funston, Kansas, AS pada 1918.

BANGSAONLINE.com - Seabad berlalu, pernah terjadi pagebluk flu yang menewaskan sekitar 50 - 100 juta manusia. Pagebluk itu bernama flu Spanyol. Pada akhir 1918, pembunuh terbesar dunia - flu Spanyol – memasuki Gunnison, sebuah kota pegunungan di Colorado.

Pandemi itu menjangkiti ratusan juta orang di Eropa, Afrika, Asia, dan di seluruh Amerika Serikat, banyak rumah sakit dan kamar mayat di Boston dan Philadelphia penuh. Flu ini menghancurkan kota, desa, dan dusun dari Alaska ke Texas.

Baca Juga: Mengapa Aturan Durasi Karantina Sering Berubah-ubah?

Gunnison, sebuah kota pertanian dan pertambangan dengan penduduk sekitar 1.300 orang. Dua jalur kereta api menghubungkannya dengan Denver dan pusat populasi lainnya. Banyak yang tertular flu tersebut. "Flu itu mengincar kita," isi sebuah berita surat kabar News-Champion terbitan Gunnison pada 10 Oktober 1918. "Ini beredar di hampir setiap desa dan komunitas di sekitar kita."

Apa yang terjadi selanjutnya adalah instruktif di tengah darurat kesehatan global. Dan baru sekarang, muncul tragedi serupa dengan nama virus corona.

Gunnison saat itu memberlakukan karantina terhadap seluruh dunia". Mereka mendirikan barikade, mengasingkan pengunjung, menangkap pelanggar, menutup sekolah-sekolah dan gereja-gereja dan melarang pesta-pesta dan pertemuan-pertemuan di jalan, penguncian secara de facto yang berlangsung selama empat bulan.

Baca Juga: Rasional, Madu, Air Zam-Zam dan Kurma Tangkal Virus Corona, Ini Paparan Kiai Asep

"Manajemen Gunnison untuk situasi influenza Spanyol, ditandai dengan penerapan sekuestrasi pelindung, sangat mengesankan ketika seseorang menganggap bahwa hampir setiap kota dan kabupaten terdekat terkena dampak pandemi," kata Fakultas Kedokteran Universitas Michigan dalam laporan tahun 2006 untuk Badan Pengurangan Ancaman Pertahanan Pentagon. "Kota Gunnison luar biasa."

Sekarang giliran coronavirus merebak di seluruh dunia, mengguncang pemerintah dan pasar saham. Turis terjebak di hotel-hotel Spanyol, jalan-jalan Italia kosong, sekolah ditutup di Jepang, ziarah ke situs-situs paling suci Islam dilarang, pesta olahraga internasional ditangguhkan - daftar langkah-langkah berlipat ganda di tengah kebingungan tentang bagaimana merespons.

Pengalaman sebuah kota kecil di Pegunungan Rocky pada akhir perang dunia pertama, menawarkan cara bagaimana menghindari bencana yang menginfeksi sekitar sepertiga dari populasi global dan membunuh antara 50 juta dan 100 juta orang.

Baca Juga: Kurma Efektif Basmi Virus Corona, Ini Penjelasan Kiai Asep di Depan Ribuan Santri Barunya

Alih-alih masker wajah dan gel tangan anti-bakteri, Gunnsion mengandalkan bimbingan dan otoritas surat kabar, dokter, dan polisi setempat - kepercayaan pada institusi dan bersabar. Serta faktor keberuntungan.

Menurut dewan kesehatan negara, influenza tiba di Colorado pada sekitar 20 September 1918 ketika 250 tentara dari Montana - 13 di antaranya sakit parah - tiba di Kota Boulder. Flu mematikan - yang bersumber dari Spanyol - dengan cepat menyebar.

Pada 5 Oktober pejabat kesehatan mengeluarkan peringatan. Pada 16 Oktober gubernur Julius Gunter, mengeluarkan perintah eksekutif yang melarang pertemuan publik dan pribadi, di seluruh negara bagian. Pada saat itu kota-kota dekat Gunnison sudah terjangkiti, dan banyak yang mati.

Baca Juga: 4 Hari 25 Orang Meninggal, Kiai Bangkalan Ini Patahkan Alasan Lebih Takut Allah daripada Corona

Gunnison bergerak dengan cepat karena berkat surat kabar News-Champion, yang sejak akhir September memuat setidaknya satu artikel halaman depan tentang influenza, termasuk saran praktis tentang penghindaran dan perawatan, dalam setiap edisi mingguan.

Dr FP Hanson, dokter daerah, mengambil peran utama. "Sebuah epidemi, dalam proporsi yang mengerikan dan kematian melanda negara ini," tulisnya. “Saya menyarankan karantina ketat ditempatkan di wilayah Gunnison. Barikade dan pagar telah didirikan di semua jalan raya utama di dekat garis county. ”

Lentera dan rambu-rambu memperingatkan pengendara untuk melaju lurus atau tunduk pada karantina. Penumpang kereta api yang turun dikarantina. "Siapa pun dapat meninggalkan county atas kehendaknya; tidak ada yang kembali kecuali mau dikarantina sukarela,” kata Hanson. “Setiap pelanggar akan dihukum, dan untuk ini kami menjanjikan perhatian pribadi kami," tambahnya.

Baca Juga: Ini Perbedaan Virus Flu, Flu Burung, dan Covid! Perlu Vaksin Antibodi dan Proteksi Bodi

Karantina diperpanjang dari dua hingga lima hari. Beberapa stasiun kereta api di sekitar kabupaten ditutup.

Pada awal Februari, dengan kasus flu Spanyol di seluruh negara surut, Gunnison mencabut pembatasan. Itu terlalu dini: gelombang ketiga pada bulan Maret menginfeksi sekitar seratus orang di kota. Kasus-kasusnya ringan dan semua selamat.

Penelitian Sekolah Kedokteran Michigan mengaitkan prestasi Gunnison dengan langkah-langkah ketat, kepadatan populasi rendah dan keberuntungan - tidak ada orang yang terinfeksi tiba sebelum karantina.

Baca Juga: Alhamdulillah, ​Kasus Aktif Covid-19 di Jatim Terendah ke-2 Se-Indonesia

Mereka yang saat ini berada di bawah karantina di Spanyol, Italia, Cina, dan di tempat lain dapat mengambil manfaat dari tip Gunnison.

"Masalahnya masih tetap tentang bagaimana menjaga moral dan kerja sama pada saat stres tinggi" .

Pada 2015 The Guardian meminta pembaca Gunnison Country Times - keturunan News-Champion - untuk membuka lagi surat, jurnal, atau ingatan rakyat tentang karantina. Tidak ada yang bisa menjawab.

Baca Juga: ​Jatim Sukses, Kasus Aktif COVID-19 Tinggal 5,56%, Screening dan Tracing Tembus 1 Juta Tes

Sumber: theguardian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO