H. Syafiuddin Ajak Pemuda Desa Tingkatkan Softskill Sambut Era Industri 4.0

H. Syafiuddin Ajak Pemuda Desa Tingkatkan Softskill Sambut Era Industri 4.0 H. Syafiuddin (tengah), bersama M. Soleh (kanan) tokoh masyarakat Geger, Bangkalan.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - H. Syafiuddin, S.Sos, anggota Komisi V melaksanakan pelatihan peningkatan softskill bagi masyarakat di Kecamatan Geger Bangkalan, Senin (9/3/2020) malam.

H. Syafiuddin mengatakan, pelatihan ini digelar karena dirinya merasa terpanggil untuk turut membangun kemajuan bangsa dan negara, mulai dari desa. "Karena desa sebagai unjung tombak majunya sebuah bangsa dan negara," jelasnya

Baca Juga: BPIP Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila di Pasuruan

"Saatnya pemuda melakukan pergerakan di desanya masing-masing, siapkan diri bersaing di era digital, tingkatkan sumber daya manusia (SDM), serta tingkatkan softskill untuk menyambut era revolusi industri 4.0, mengingat betapa cepatnya perkembangan tekhologi informasi," pesannya.

Menurutnya, era industri 4.0 mendorong terjadinya disrupsi. "Artinya, fenomena pekerjaan masyarakat bergeser dari dunia nyata ke dunia maya, dari berbagai bidang yang memberikan dampak tantangan dan peluang bagi kaum pemuda," papar politikus PKB ini.

"Saat inilah urgensinya membangun dari bawah atau desa, agar pemuda desa dapat bersaing di tengah-tengah perubahan yang semakin cepat, serta mampu mengelaborasi di era revolusi industri 4.0 yang mendorong disrupsi," jelas Ba Syafi, sapaan Syafiuddin.

Baca Juga: Dilantik, Syafiuddin dan Imron Amin Proritaskan Kemajuan dan Kesejahteraan Pulau Madura

Untuk meningkatkan keterampilan masyarakat, ia mewacanakan pembangunan balai latihan kerja (BLK). "Hal ini dalam rangka peningkatan softskill. Selain itu, ke depan kita ciptakan setiap desa ada 10 sarjana di Bangkalan, demi untuk peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) Bangkalan umumnya Madura," tuturnya.

"Tentu saya butuh dukungan dari masyarakat dan pemuda Bangkalan agar dapat mengeksekusi program-program tersebut. Selain itu juga akan berkoordinasi dengan anggota yang lain, seperti Ra Hasani Zubair dan Ra Imron Amin. Tapi Bupati juga harus kreatif dan inovatif, apalagi menyambut Perpres nomer 80 tahun 2019," pinta anggota Komisi V ini.

Baca Juga: Menteri ATR/BPN Apresiasi Dukungan dari Komisi II DPR RI

Sementara Mohammad Soleh, salah satu tokoh Kecamatan Geger mengapresiasi Syafiuddin yang sudah bersedia turun gunung dan peduli terhadap masyarakat Bangkalan. Menurutnya, Syafiuddin tetap seperti yang dulu. "Beliau tidak ada sekat walaupun dia sudah duduk di kursi empuk Senayan," kata M. Soleh.

Menurutnya, figur seperi Syafiuddin lah yang dibutuhkan ntuk membangun desa. "Sebab mampu memberikan motivasi serta inspirasi bagi pemuda desa atas kiprahnya selama ini," beber M. Soleh mewakili masyarakat Kecamatan Geger.

Ia berharap Syafiuddin dapat teris memperjuangkan kemajuan masyarakat desa. "Jangan suatu saat orang pribumi (desa) menjadi asing di desa sendiri, seperti orang betawi di Jakarta," tambah M. Soleh. (uzi/rev)

Baca Juga: Sekjen Kementerian ATR/BPN Teken Nota Kesepahaman dengan DPR RI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO