Lumajang Jadi Kabupaten Terbanyak Pasien Positif Corona di Wilayah Tapal Kuda

Lumajang Jadi Kabupaten Terbanyak Pasien Positif Corona di Wilayah Tapal Kuda Sekda Kabupaten Lumajang, Agus Triono saat memberikan informasi penambahan pasien positif Corona.

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Kasus Coronavirus Disease atau di Kabupaten bertambah setiap harinya. Bahkan per hari ini, Kamis (30/4) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten , Agus Triono menyampaikan ada penambahan dua orang positif .

"Hasil swab telah diterima Pemkab , dua orang dinyatakan Positif ," kata Agus.

Baca Juga: Pramuka Lumajang Buka Suara Usai Nama Baiknya Dicatut Thoriq Soal Pengelolaan Donasi Semeru

Dua orang tersebut menambah daftar pasien yang terjangkit menjadi 20 orang. "Kemarin baru 18 orang, kini sudah 20 orang," katanya, Kamis (30/4).

Agus mengatakan, dua orang tersebut merupakan warga Kecamatan Sumbersuko dan Kecamatan Rowokangkung. Dari Kecamatan Sumbersuko, pasien berinisial S (43). Ia punya riwayat melakukan perjalanan dari kota Surabaya, dan kemudian mengalami sesak napas dan demam.

"Pada tanggal 07 April 2020 menjalani rawat inap di RSUD dr. Haryoto dengan diagnosa Pneumonia. Kemudian pada tanggal 29 April 2020 hasil swab test dinyatakan positif , saat ini menjalani rawat inap di ruang isolasi RSUD dr. Haryoto ," terangnya.

Baca Juga: Kamis Pagi ini, Gunung Semeru Alami Erupsi Abu Vulkanik Setinggi 700 Meter

Sementara itu, dari Kecamatan Rowokangkung, inisial EA (43). Pasien menjalani rawat inap di Rumah Sakit Wijaya Kusuma pada tanggal 17 April 2020 dengan diagnosa infeksi paru-paru, gagal jantung, efusi pleura. Kemudian pada tanggal 24 April 2020 kondisi membaik dan diperbolehkan pulang.

"Namun pada tanggal 29 April 2020 hasil swab test dinyatakan positif , saat ini menjalani isolasi mandiri di rumahnya," ujarnya.

Agus menyatakan, sudah separuh kecamatan di Kabupaten masuk zona merah. Yakni, Kecamatan Kedungjajang, Klakah, Randuagung, Sukodono, , Padang, Rowokangkung, Sumbersuko, Tempeh, dan Pasirian.

Baca Juga: Santuni Korban Longsor Lumajang, Pj. Gubernur Jatim Pastikan Pencarian Korban Terus Dilakukan

Untuk itu, Agus menekankan kepada seluruh masyarakat agar bersama-sama mencegah penyebaran di Kabupaten . "Mari kita bersama-sama mencegah penyebaran dengan senantiasa memakai masker, tidak perlu bepergian keluar rumah apabila tidak ada keperluan yang mendesak, hindari kerumunan, dan senantiasa menjaga kebersihan, utamanya melakukan cuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir," pesannya.

Dalam kesempatan ini, Agus juga menyampaikan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 333 orang, dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 50 orang.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten , Bayu Wibowo mengungkapkan, bahwa angka 20 orang pasien positif Corona di Kabupaten merupakan yang tertinggi di wilayah Tapal Kuda.

Baca Juga: Satu Korban Tanah Longsor Tambang Pasir Lumajang Ditemukan, BPBD Hentikan Pencarian Sementara

"Lebih tinggi dibanding kabupaten sekitar kita. Paling tinggi di Tapal Kuda. Harus hati-hati dan selalu memakai masker," pungkasnya. (ron/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO