Pandemi Covid-19, Petani 'Bungah' di Pamekasan Banjir Permintaan

Pandemi Covid-19, Petani Bungah atau bibit tembakau yang mulai ditanam para petani tembakau.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Walaupun dalam pandemi Covid-19, petani di Kabupaten Pamekasan sudah mulai menanam 'bungah' (bibit , red). Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya petani yang membeli bungah untuk segera ditanam.

Mereka masih menggantungkan harapan terhadap daun emas yang selama ini memang menjadi tanaman yang selalu menghasilkan tiap tahunnya.

Seperti diungkapkan Mohammad Sadik (55), petani 'bungah' asal Desa Polagan Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan. Ia mengaku, saat ini sudah mulai kebanjiran order dari para petani langganannya.

"Alhamdulillah, setiap hari ada pelanggan yang datang. Tiap petani biasanya membeli bibit sebanyak 6.000-10.000. Lumayan lah, tiap hari ada yang beli," tutur Sadik, Minggu (14/06/20), yang mengaku tiap tahun menanam 'bungah'.

Sadik menjelaskan, ada 3 jenis bibit yang ditanamnya. "Saya menanam jenis Melati Tumpang, Bojonegoro, dan Cangkreng. Untuk jenis Cangkreng baru saya tanam karena permintaannya biasanya paling akhir. Masing-masing jenis ada peminatnya sendiri. Pelanggan saya ada yang dari daerah Pamekasan dan Sumenep," jelasnya saat ditemui di sela-sela menyiangi rumput di antara bedengan 'bungah'.

Menurut Sadik, hasil penjualan 'bungah' lumayan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya di tengah pandemi Covid-19 ini. "Saya jual 25 ribu per 1.000 bibit. Lumayan hasilnya untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari, karena saat pandemi Covid-19 ini saya tidak bisa bekerja lain. Sehingga menggantungkan penjualan bibit ini. Semoga laku semua," harapnya. (err/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO