​Batu Love Garden Bakal Hadir di Kota Batu: Ada Taman Bunga, 1.000 Air Mancur, hingga Pasar Buah

​Batu Love Garden Bakal Hadir di Kota Batu: Ada Taman Bunga, 1.000 Air Mancur, hingga Pasar Buah Owner JTP Grup, Paul Sastro berfoto bersama dengan Kepala Desa Bumiaji, Ketua Kadin, dan tokoh masyarakat usai acara sosialisasi pembangunan Batu Love Garden di Balai Desa Bumiaji. (foto: ist).

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Tidak lama lagi akan hadir destinasi wisata baru di Kota Batu yang berkonsep taman bunga tematik dari berbagai negara. Namanya Batu Love Garden yang berlokasi di Dusun Binangun, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Obyek wisata ini digagas Jawa Timur Park (JTP) Grup bekerja sama dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Bumiaji yang dijembatani oleh Kadin (Kamar Dagang dan Industri) Kota Batu.

Baca Juga: Masuk Batas Waktu dari Satpol PP, Sejumlah PKL Sultan Agung Kota Batu Enggan Bongkar Kios

Menurut Kepala Desa Bumiaji, Edy Suyanto, Batu Love Garden menempati lahan seluas 8 hektare. Sebagian lahan seluas 2 hektare merupakan tanah kas desa dan 6 hektare milik JTP Grup.

Rencananya, dari 2 hektare lahan Pemdes Bumiaji tersebut, yang akan dibangun hanya sekitar 5 hingga 10 persen. Sisanya merupakan ruang terbuka yang dipenuhi dengan potensi desa seperti beragam jenis bunga, spot selfie, dan hasil kerajinan dari masyarakat desa setempat.

“Kami menyambut baik pembangunan obyek wisata ini di Bumiaji. Paling tidak ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama bisa memperluas lapangan kerja. Selain itu, tentunya bisa menggali potensi produk-produk unggulan di Bumiaji," ujar Edy Suyanto, Kamis (6/8/2020).

Baca Juga: Potensi Wisata dan Ekonomi Lokal Meningkat, Kota Batu Jadi Sorotan ASEAN

Dikatakannya, sesuai rencana, berbagai fasilitas akan disuguhkan di Batu Love Garden, antara lain pasar buah dan bunga, ruang pamer, love garden, dan taman bunga tematik dari berbagai negara. Bahkan akan dihadirkan pula taman 1.000 air mancur.

Sementara itu, Ketua Kadin Kota Batu Endro Wahyu mengatakan, hadirnya Batu Love Garden di Bumiaji merupakan cerminan sinergitas antara pemerintah desa dan pihak swasta guna mewujudkan visi dan misi Kota Batu, yakni Desa Berdaya Kota Berjaya.

Baca Juga: Ketika Pj Gubernur Jatim Rasakan Keseruan Paralayang di Kota Batu

"Kami berharap, hadirnya Batu Love Garden di Desa Bumiaji bisa mendongkrak perekonomian warga setempat dan sekitarnya karena nanti dalam pengelolaannya dilakukan oleh Bumdes bersama warga," ujar Endro.

Ia mengungkapkan, baru-baru ini Kadin Kota Batu juga telah menjembatani pertemuan pihak JTP Grup yang dihadiri owner-nya, yakni Paul Sastro Sendjojo dengan pihak Pemdes Bumiaji dalam rangka menyosialisasikan pembangunan Batu Love Garden. Hadir pula dalam pertemuan itu pihak BPD dan tokoh masyarakat.

"Kami hanya membantu menjembatani pihak desa dan JTP Grup agar wisata tersebut bisa berjalan dengan tetap memperhatikan konsep ramah lingkungan dan tidak menghilangkan kelestarian lingkungan yang ada," terangnya. (asa/zar)

Baca Juga: PT Selecta Terapkan Program Wisata Bebas Sampah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO