​Tentukan Arah Dukungan, Ning Lia Dengarkan Aspirasi Relawan

​Tentukan Arah Dukungan, Ning Lia Dengarkan Aspirasi Relawan Dr. Lia Istifhama (dua dari kanan) bersama para relawan. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pilwali Surabaya 2020 dipastikan berlangsung head to head. Setelah pasangan Machfud Arifin-Mujiaman yang diusung PKB, PPP, Golkar, Nasdem, PAN, Demokrat, Gerindra, PKS, resmi mendaftar ke KPU Surabaya. 

Mereka menyusul pasangan yang diusung PDI Perjungan dan didukung PSI serta 6 partai non parlemen, Eri Cahyadi-Armudji yang telah mendaftar lebih dulu.

Baca Juga: Pascaterpilih Anggota DPD RI, Ning Lia Bolak-Balik Jadi Sasaran Hacker

Sejumlah pengamat menilai kedua pasangan ini memiliki kekuatan yang relatif berimbang. Lantas, bagaimana dengan kandidat Pilwali Surabaya yang tidak terekom?

, salah satu kandidat yang sempat dinilai memiliki kans besar di posisi wakil wali kota, mengaku belum memutuskan mengarahkan dukungan ke mana.

"Saya untuk saat ini masih silent (diam). Saya ingin berembuk, mendengar saran masukan relawan. Karena mereka berperan penting dalam proses sosialisasi turun ke masyarakat," ujar Lia didampingi ketua tim pemenangan, Gus Yusub Hidayat, Selasa (8/9/2020).

Baca Juga: Jangan Main-Main dengan Kata Kiblat, Ketahui Sejarah Perpindahannya yang Penuh Hikmah

Ketua Perempuan Tani HKTI Jatim yang akrab disapa Ning Lia itu tidak menampik bahwa memilih arah dukungannya dalam Pilwali Surabaya, bukan hal mudah. Sebab, kedua pasangan memiliki keistimewaan masing-masing.

Sementara dirinya ada irisan dengan basis relawan mereka masing-masing. Irisan ini disebabkan kesamaan dalam barisan relawan ketika Pilgub Jatim 2018 dan Pilpres 2019.

"Jadi harus sangat hati-hati agar tidak menimbulkan perselisihan hanya karena arah dukungan," ujar aktivis sosial yang bergelar doktor di bidang ekonomi islam tersebut.

Baca Juga: Tembus 2 Juta Lebih, Suara Calon DPD La Nyalla Tak Terkejar

Mengenai kemungkinan wadah khusus bagi relawan, putri almarhum KH Masykur Hasyim tersebut menjelaskan dalam setiap proses, dari dulu, bahkan sebelum Pilwali Surabaya, ia berusaha memikirkan orang-orang di sekitar.

Termasuk saat pilwali, ia sudah terpikirkan. Bahkan beberapa teraplikasikan. Wadah tersebut tidak satu, tapi beberapa dan disesuaikan kompetensi maupun komitmen relawan. Jadi sifatnya personal. Itu yang selalu ia sampaikan juga kepada relawan. Bahwa wadah itu banyak, tapi kembali pada personal orang masing-masing.

"Tapi yang penting, kita ada di mana, di situ kita sedang bangun seduluran. Jadi, tidak ujug-ujug apapun dinilai secara materi. Itu yang sering saya tekankan kepada relawan," pungkasnya. (mdr/ian)

Baca Juga: Calon DPD Bersaing Ketat, La Nyalla, Kusumaningsih, Lia, dan Agus Rahardjo Unggul Sementara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO