​Kakorlantas Polri Tinjau Operasi Lilin di Pelabuhan Ketapang, Apresiasi Rapid Test Antigen

​Kakorlantas Polri Tinjau Operasi Lilin di Pelabuhan Ketapang, Apresiasi Rapid Test Antigen Kakorlantas Irjen Pol Istiono didampingi Kapolresta Banyuwangi Kombespol Arman Asmara Syarifudin meninjau Pelabuhan Ketapang.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kakorlantas Polri, Irjen Pol Istiono melakukan peninjauan pelaksanaan Operasi Lilin 2020 di Pelabuhan Penyeberangan Ketapang, Banyuwangi, Minggu (27/12/20).

Jenderal bintang dua itu pun mengapresiasi Polda Jatim dan dalam penerapan protap kewajiban rapid test antigen bagi masyarakat yang hendak menyeberang ke Bali via pelabuhan penyeberangan Ketapang selama liburan Nataru.

Baca Juga: Tak Terima Rumahnya Jadi Tempat Parkir, Warga Banyuwangi Bacok Tetangganya saat Tahlilan

"Dengan demikian orang-orang yang akan menyeberang ke Bali ini sudah steril dengan membawa surat bebas Covid-19 dari hasil rapid test antigen. Sehingga hal tersebut dapat menekan penyebaran Covid-19," kata Istiono.

Tak hanya itu, bagi masyarakat yang baru saja datang dari Bali, di pelabuhan penyeberangan Ketapang Banyuwangi juga dilakukan pengecekan suhu tubuh, penyemprotan disinfektan, hingga random rapid test antigen. "Ini sangat bagus dan perlu terus dilakukan," ujarnya.

Terlebih lagi, protap prokes tersebut dibarengi dengan kebijakan rapid test antigen gratis khusus bagi sopir kendaraan logistik maupun angkutan umum yang akan menyeberang ke Bali mulai 22 Desember 2020 kemarin, hingga 4 Januari 2021 mendatang.

Baca Juga: Lima Orang Ditetapkan Jadi Tersangka Usai Aniaya Anggota Perguruan Silat di Banyuwangi

"Hasilnya, 19 orang sopir dinyatakan reaktif dari kurang lebih 1.500 orang sopir yang melakukan rapid test antigen," ungkapnya.

Kakorlantas menambahkan, pihaknya telah melakukan pemantauan di Bandara Ngurah Rai. Di mana jumlah kedatangan penumpang, sangat turun drastis hingga 90 persen.

Kendati demikian, arus wisatawan lokal yang hendak berwisata ke Bali melalui Pelabuhan Penyeberangan Ketapang sudah menunjukkan adanya peningkatan dibandingkan hari biasanya. Sehingga sangat diperlukan koordinasi yang baik antara Dirlantas Polda Jatim, , dan Dirlantas Polda Bali.

Baca Juga: Sering Bolos Dinas dan Terlibat Narkoba, Dua Anggota Polisi di Banyuwangi Diberhentikan

"Dengan peningkatan ini, diharapkan adanya kordinasi yang bagus antara Kapolresta Banyuwangi dengan Dirlantas Polda Jatim maupun Dirlantas Polda Bali untuk mengatur dan mengelolanya," pintanya.

Mengingat, kata Istiono, arus balik Natal diprediksi terjadi hari ini dan arus mudik tahun baru sudah dimulai. Sehingga perlu dilakukan pemantauan terus menerus.

"Oleh karena itu, polisi dan TNI dan jajarannya terus melakukan pantauan dan pengelolaan situasi kamtibmas dan kamseltibcar di lapangan," pungkasnya.

Baca Juga: Positif Narkoba, Oknum Perwira di Banyuwangi Dinonaktifkan

Di kesempatan tersebut, Istiono juga membagikan masker dan minuman vitamin C kepada para sopir yang hendak menyeberang ataupun yang baru datang dari Bali. Dia pun mengimbau untuk selalu mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. (guh/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO