Wisata Setigi Sekapuk Gresik Tambah Wahana Kolam Banyu Gentong

Wisata Setigi Sekapuk Gresik Tambah Wahana Kolam Banyu Gentong Kades Sekapuk, Abdul Halim saat me-launching Kolam Banyu Gentong di Wisata Setigi. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Wisata Setigi (Selo Tirto Giri) di Desa Sekapuk Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik Jawa Timur terus memperbanyak fasilitas di tengah pandemi Covid-19. Bahkan di awal tahun 2021, wisata ini menambah wahana baru, yakni Kolam Banyu Gentong.

Pengelola Wisata Setigi, Abdul Halim mengatakan wahana baru itu dibuat untuk menyambut tahun baru 2021, dan diharapkan bisa menarik pengunjung lebih banyak, khususnya anak-anak.

Baca Juga: Dimediasi Camat Kebomas, Konflik Kepengurusan LPMK Gulomantung Berakhir Damai

"Pada Jumat Pahing, 1 Januari 2021, di Wisata Setigi, dengan mengucapkan bismillah, resmi dibuka Kolam Banyu Gentong. Alhamdulillah kado dari desa untuk Indonesia. Semoga kolam ini bisa meningkatkan ekonomi kerakyatan dan bermanfaat, bisa menambahkan imun tubuh kita makin kuat, sebab bahagia," ujar Abdul Halim yang juga Kades Sekapuk ini saat launching, Jumat (1/12/2020).

Karena masih pandemi, kolam khusus anak-anak ini dibatasi. Pengunjung dibagi per kloter 30 anak dengan batas main per kloter hanya 2 jam. Di area itu juga terdapat air mancur, gentong raksasa, dan spot foto yang indah mempesona.

Halim membeberkan jika gentong merupakan filosofi dari tempat air minum yang berbentuk seperti tempayan besar, biasanya terbuat dari tanah liat. "Dan air inilah merupakan sumber kehidupan. Semoga dengan sumber kehidupan ini, seluruh warganya sejahtera dan bahagia," harapnya.

Baca Juga: Begini Cara Pemdes Sekarkurung Gresik Antisipasi TBC

Melalui wahana baru ini, Abdul Halim berharap Wisata Setigi semakin berkembang dan dapat terus menerus memberikan manfaat dan meningkatkan ekonomi kerakyatan.

Terkait protokoler kesahatan, pengunjung di wisata bekas tambang kapur ini dibatasi hanya 50 persen dari kapasitas. Jika biasanya weekend pengunjung maksimal 6 ribu, kini hanya dibatasi 3 ribu pengunjung saja.

Kades berjuluk Ki Begawan Setigi ini juga menyiagakan petugas untuk mengawasi pengunjung. Bahkan, menambah petugas keamanan khusus dengan melibatkan linmas.

Baca Juga: Kades Kembangan Gresik Punya Cara Jitu Cegah Remaja Terjerumus Narkoba

"Setigi benar-benar menjaga protokol kesehatan yang ketat. Kita juga melibatkan linmas untuk menjaga keamanan agar pengawasan prokes bisa terlaksana. Bahkan petugas setiap kali memberikan imbauan melalui mikrofon dan pusat informasi," katanya.

Muhammad Arifin, salah satu pengunjung mengaku puas dengan fasilitas dan wahana yang ada di Wisata Setigi. Apalagi juga ada spot foto yang bagus dengan area lahan yang luas.

Ia juga mengaku lebih aman, karena wisata yang tengah viral ini menerapkan protokol kesehatan ketat, mulai dari wajib bermasker, cek suhu tubuh, cuci tangan, serta menjaga jarak.

Baca Juga: Pemdes Kembangan Gresik Gencar Pavingisasi Jalan Lingkungan

"Jadi kami sekeluarga tidak khawatir meski pandemi Covid-19. Di sini juga tempatnya enak dan area sangat luas. Kami berharap Wisata Setigi terus tumbuh meski di tengah pandemi," pungkas pengunjung asal Kabupaten Lamongan ini. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO