​Pemulihan Ekonomi Jadi Topik Puncak HPN PWI Tuban 2021

​Pemulihan Ekonomi Jadi Topik Puncak HPN PWI Tuban 2021 Sejumlah korporasi, forkompinda dan instansi lainnya usai menerima penghargaan bertajuk PWI Award.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Pemulihan Ekonomi menjadi topik dalam perhelatan puncak Hari Pers Nasional () ke-75, yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tuban di Pendopo Krido Manunggal Tuban, Rabu (17/3/2021).

Peringatan yang dilakukan secara daring itu menampilkan tiga tokoh nasional sebagai narasumber, yakni Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak, pengamat ekonomi yang juga mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia Rizal Ramli, serta Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang Prof Ahmad Erani Yustika.

Baca Juga: Gandeng KPU dan Bawaslu, PWI Tuban Sosialisasikan Pemilu ke Mahasiswa IIK NU

Dalam paparannya, Prof. Ahmad Erani Yustika menyebut, Indonesia perlu menerapkan promosi investasi, inisiasi kolaborasi, literasi digitalisasi, advokasi regulasi dan akselerasi transformasi untuk membangkitkan ekonomi di Indonesia.

Selain itu, sumber daya alam maritim yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia juga perlu diolah menjadi bahan baku, sehingga jika hal itu dijual maka akan mendatangkan keuntungan lebih dari pada dijual dalam bentuk mentah.

"Tranportasi struktural ekonomi yang mengadakan bahan baku juga perlu diolah yang nilainya jauh lebih besar jika kita jual," katanya.

Baca Juga: Kepala DPUBM Kabupaten Malang Raih Prapanca Award

Di masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung ini, Erani juga meminta masyarakat terutama pelaku usaha bisa keluar dari keterpurukan ekonomi, karena jika tidak maka tingkat kemiskinan di Indonesia akan semakin naik.

"Dulu sebelum wabah pandemik Covid-19 ini melanda secara global tingkat kemiskinan di Indonesia yang terus ditekan agar tidak naik. Tapi sekarang kenaikan itu justru bertambah karena wabah virus corona," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua PWI Tuban, Pipit Wibawanto menjelaskan, wartawan merupakan garda terdepan dalam memberikan informasi positif kepada masyarakat. Insan Pers sebagai pilar ke empat demokrasi juga turut menjadi benteng pertahanan pemerintah dan ikut andil dalam memperjuangkan demokrasi di Indonesia.

Baca Juga: Raih Penghargaan PWI, Arif Afandi: Penghargaan Tertinggi ketika Tulisan Kita Dibaca

"Di masa pandemi ini, pers juga menjadi bagian penting guna memberikan edukasi dan mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya menerakan protokol kesehatan serta mengkampanyekan pemulihan ekonomi di tengah pandemi," terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, sejumlah korporasi, forkompinda dan instansi lainnya mendapatkan penghargaan bertajuk PWI Award dengan beberapa katagori. Di antaranya, kategori perusahaan peduli penanganan Covid-19 diberikan kepada PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, New Grass Root Refinery (NGRR) Tuban, PT Pertamina MOR V, PT Pertamina EP dan PT Pertamina Hulu Energi Tuban East Java (PHE-TEJ).

Sedangkan katagori perusahaan peduli terhadap UMKM di tengah pandemik Covid-19 adalah ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) Tuban dan PT. Solusi Bangun Indonesia Tbk.

Baca Juga: Disupport PT UTSG, PWI Santuni Keluarga Almarhum Wartawan di Tuban

"Dalam kesempatan ini, kami memberikan sejumlah reward kepada perusahaan yang selalu berkontribusi dan memiliki kepedulian terhadap masyarakat di tengah pandemi Covid-19," imbuh wartawan MNC Media Grub tersebut.

Tak hanya korporasi saja, penghargaan juga diberikan kepada Bupati Tuban, Ketua DPRD Tuban, Kapolres Tuban, Dandim Tuban, PN Tuban, Direktur RSUD dr R Koesma Tuban, ADM Perhutani KPH Tuban, Kakapas Kelas IIB Tuban dan Ketua KONI Tuban dengan katagori keterbukaan informasi publik di tengah pandemik Covid-19.

Sementara penghargaan untuk kategori mitra terbaik diberikan kepada PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Cabang Tuban, Bank Jatim Cabang Tuban, Amir Burhannudin, Paguyuban Pemasok BPNT Kab Tuban, Direktur RSNU Tuban dr Didik Suharsoyo, MARS, MM, PT. UTSG, dan Rektor Unirow Tuban Prof. Dr. Supiana Dian Nurtjahyani, M.Kes. (gun/ian)

Baca Juga: Puncak Peringatan HPN 2024, PWI Tuban Ajak Kades Diskusi Bareng Dewan Pers

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO