Sopir Truk Muat Sapi di Tuban Blokir Jalur Pantura Karena Ditilang, Begini Penjelasan Kasatlantas

Sopir Truk Muat Sapi di Tuban Blokir Jalur Pantura Karena Ditilang, Begini Penjelasan Kasatlantas Sejumlah sopir truk pengangkut sapi memblokir Jalur Pantura Kabupaten Tuban. Mereka tak terima saat petugas menghentikan dan menilang para sopir truk pengangkut sapi di Pos Lalu Lintas Pakah Tuban. (foto: ist)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sejumlah sopir truk pengangkut sapi memblokir Jalur Pantura Kabupaten . Mereka tak terima dihentikan dan ditilang petugas saat melintas di Pos Lalu Lintas Pakah .

Karena kesal dengan petugas, mereka sengaja menghentikan kendaraannya di tengah jalan sehingga menimbulkan kemacetan. Sementara para sopir yang berjumlah 4 orang langsung mendatangi Pos Lalu Lintas Pakah Desa Gesing, Kecamatan Semanding.

Baca Juga: Polres Tuban Geledah Dua Rumah Warga, Dicurigai Jadi Tempat Peredaran Narkoba

Kejadian itu langsung viral di media sosial setelah diunggah salah satu akun TikTok dengan caption " macet ada domo di gara,, truk muat sapi dihentikan pak poll".

Kasat Lantas Polres AKP Arum Inambala membenarkan telah menilang sopir truk pengangkut ternak. Penilangan tersebut dilakukan karena truk barang tersebut digunakan mengangkut orang. Selain itu, salah satu penumpang di bagian depan tidak menggunakan sabuk pengaman.

"Masalahnya bukan truk sapinya, tapi di bak sapi itu mengangkut orang dengan jumlah yang banyak," jelas AKP Arum saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Senin (13/9/2021).

Baca Juga: Kades Mlangi Tuban Diperiksa Polisi Terkait Perusakan Rumah Warga

Da menegaskan penilangan yang dilakukan petugas sesuai Pasal 303 UU Lalu Lintas tentang kendaraan bak terbuka yang digunakan mengangkut penumpang. Sedangkan penumpang yang tidak mengenakan sabuk pengaman dikenakan Pasal 289 UU Lalu Lintas.

"Ada empat truk yang kita tilang karena melanggar Pasal 303 dan 289 UU Lalu Lintas," imbuhnya.

Menurut Arum, viralnya insiden itu dipicu salah satu sopir yang memprovokasi pengemudi lain untuk menghentikan kendaraannya di tengah jalan sehingga menimbulkan kemacetan. Tak sampai di situ, para sopir itu lantas mendatangi pos penjagaan yang tak jauh dari lokasi kejadian.

Baca Juga: Tinggal Sendirian, Nenek yang Tanahnya Digugat Sengketa di Tuban Ditemukan Tewas

"Dalam penilangan itu tidak ada masalah, tapi ada satu sopir yang memprovokasi sopir lainnya, mereka berbondong-bondong mendatangi pos penjagaan seolah-olah ada demo, padahal tidak," tuturnya.

Guna meminimalisir kejadian serupa kembali terulang, pihaknya akan gencar melakukan sosialisasi terhadap para sopir bak terbuka supaya tidak digunakan mengangkut penumpang. Termasuk truk pengangkut pakan ternak yang mengangkut muatan berlebihan atau over kapasitas yang dapat membahayakan kendaraan lain.

"Sosialisasi akan kita gerakkan utamanya untuk sopir truk, menjelaskan tata cara muatan jangan sampai melebihi muatan atau over dimensi. Semuanya kita lakukan untuk keselamatan bersama," tutupnya. (gun/zar)

Baca Juga: Pemkab Tuban Dapat Hibah Pesawat TNI AL

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Motor Terbakar di Alun-Alun Kota Pasuruan, Pemiliknya Malah Kabur':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO