Dampingi Jokowi Resmikan Smelter Freeport di Gresik, Pj Adhy Karyono Optimis Dongkrak Perekonomian

Dampingi Jokowi Resmikan Smelter Freeport di Gresik, Pj Adhy Karyono Optimis Dongkrak Perekonomian

GRESIK,BANGSAONLINE.com - Pj Gubernur mendampingi Presiden meresmikan produksi pabrik pengolahan hasil tambang () PT. (PTFI) di Kab. , Senin (23/09/2024).

Peresmian ditandai dengan penekanan sirine dan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi didampingi Pj. Gubernur Adhy.

Usai peresmian, Pj. Gubernur Adhy mengatakan bahwa adanya Freeport di dapat menciptakan bagi masyarakat di Jatim khususnya warga di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) .

"Keberadaan ini akan menciptakan sehingga kita optimis akan mendongkrak perekonomian masyarakat, baik maupun ," ujarnya.

Hal ini terjadi karena secara ekonomi nilai investasi kumulatif dari yang dibangun di atas lahan seluas 104 hektar ini mencapai USD3,7 miliar atau setara dengan Rp58 triliun.

Selain itu pula, sektor industri merupakan penyumbang tertinggi pertumbuhan ekonomi di dengan kontribusi sebesar 31,54 persen, diikuti sektor perdagangan sebesar 19,01 persen.

Khusus industri logam dasar, barang logam bukan mesin dan peralatannya, telah memberikan realisasi investasi terbesar ketiga di dengan nilai investasi Rp14,3 triliun, baik dari Penanaman Modal Asing () dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).

Tak hanya dari sisi investasi, Adhy menyebut dari segi lapangan pekerjaan pun ikut berdampak. Adapun tenaga kerja pembangunan secara kumulatif telah menyerap sekitar 40 ribu orang.

Komposisi tenaga kerja pembangunan Smelter PTFI secara keseluruhan adalah 99 persen pekerja dari Indonesia dimana 70 persen di antaranya dari wilayah .

"Artinya ini membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat Jatim khususnya warga di sekitar ," umgkapnya.

Dampak berikutnya adalah pajak. Dari segi pajak, kata Adhy, setidaknya akan ada pertambahan dua jenis pajak akibat dari pembangunan tersebut.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO