Adanya Smelter di Gresik, Jokowi Sebut Penerimaan Negara dari Freeport Capai Rp80 Triliun

Adanya Smelter di Gresik, Jokowi Sebut Penerimaan Negara dari Freeport Capai Rp80 Triliun Presiden Joko Widodo saat meresmikan smelter PT Freeport Indonesia, smelter PT Freeport di gresik, 2 menteri resmikan smelter PT Freeport di Gresik, peresmian smelter, Jokowi Resmikan Produksi Smelter Freeport di Gresik. Foto: Ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Presiden Joko Widodo menyebut bahwa penerimaan negara dari PT Freeport Indonesia (PTFI) mencapai Rp80 triliun, dengan adanya smelter baru di Gresik yang diresmikan hari ini.

Hal tersebut, ia sampaikan saat meresmikan produksi dari fasilitas pengelolaan dan pemurnian (smelter) milik PT Freeport Indonesia (PTFI) di Kawasan Ekonomi Khusus JIIPE, Gresik, Senin (23/9/2024).

BACA JUGA:

"Hitung-hitungan saya, penerimaan negara masuk kira-kira Rp 80 triliun dari PT Freeport Indonesia, baik berupa deviden royalti, PPh badan, PPh karyawan, pajak untuk daerah, bea keluar, pajak ekspor, semuanya kira-kira angkanya seperti itu," kata Jokowi.

Ia juga mengatakan, penerimaan negara tersebut sangat besar dari investasi pembangunan smelter yang dikeluarkan mencapai Rp56 triliun.

Belum lagi, dari penerimaan negara dari smelter lainnya yang sudah diresmikannya.

Saat ini, Jokowi meresmikan smelter tembaga dan pemurnian logam mulia PT Amman Mineral Internasional di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Kemudian, besok diagendakan meresmikan Grade Alumina Refinery (SGAR) PT Borneo Alumina Indonesia di Mempawah, Kalimantan Barat.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO