Bawaslu Bangkalan Ajak Pemilih Pemula Awasi Pilkada, Foto dan Lapor Jika Temui Kecurangan

Bawaslu Bangkalan Ajak Pemilih Pemula Awasi Pilkada, Foto dan Lapor Jika Temui Kecurangan Di acara sosialisai ini, Bawaslu Bangkalan ajak pemilih pemula tidak apatis dan turut awasi tahapan Pilkada. Foto: AHMAD FAUZI/BANGSAONLINE

BANGKALAN,BANGSAONLINE.com - Ketua , Ahmad Mustain Saleh meminta para dan siswa yang memiliki hak pilih agar tidak apatis dengan Pilkada serentak.

Hal itu ia sampaikan saat acara sosialisasi Pilkada Bagi Pemilih Pemula bersama pengurus OSIS se-Kabupaten , di Gedung Rato Ebu, Selasa (24/9/2024)

Mustain mengajak agar turut andil jadi bagian pengawasan partisipatif selama tahapan Pilbup. Mengingat generasi muda saat ini sudah melek digital.

Dalam hal ini, para bisa memanfaatkan digitalisasi sebagai sarana pengawasan. 

Khususnya pada saat pemugutan suara, di mana mereka bisa memanfaatkan gadget dan sosial media untuk mengawasi di hari pemungutan suara.

Harapannya para siswa dapat mendukung kinerja , mengingat jumlah komisoner di Kabupaten hanya 5 orang, di Kecamatan 3 orang, di Desa 1 pengawas dan di TPS juga 1 orang.

"Peran pengawasan para pelajar akan memberikan dampak besar terhadap pelaksanaan Pilkada di , bahkan bis menentukan pemimpin kedepan di kota dzikir dan selawat," kata Mustain.

Mustain menyebut peran yang rata-rata berstatus pelajar di hampir mencapai 60 persen dan penting bagi mereka untuk mengambil fungsi pengawas partisipatif.

"Pemilih Pemula dan pemuda di mencapai 56 persen, siswa dapat membantu sebagai corongnya , memiliki potensi mengawasi kecurangan kecurangan di Pilkda 2024 di ", ujarnya.

Tak hanya itu, Mustain mengatakan punya potensi besar terhadap kesuksesan Pilkada . Ia juga melihat gen Z yang sudah dibekali gawai yang bagus dan canggih.

Dengan sentuhan jari gen Z yang dikenal aktif di medsos, bisa memantau kecurangan dan melaporkannya ke . Mulai masa kampanye hingga proses pemungutan suara.

"Jika menemukan, kecurangan di lapangan, anak pelajar bisa mengunakan teknologi hp untuk merekam. Baik video atau foto dan bisa di kirim ke atau di uplode ke medsos nya," pinta Mustain.

"Jangan apatis terhadap Pilkada, ayo ikut memberikan warna di pelaksaan di TPS, dan boleh melakukan foto dan video, apalagi kalau itu terjadi kecurangan bagi penyelenggara Pemilu yaitu KPU dan . Sementara DKPP di Pusat di Jakarta," pungkasnya

Acara sosialisasi pengawasan Pilkada bagi bersama pengurus OSIS se- dibuka dengan seni tari Praban Madura yang disuguhkan oleh siswa MAN dan sejumlah pentas seni lainnya (uzi/van)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Semakin Ketat, Penyekatan Jembatan Suramadu Dilakukan di Dua Sisi ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO