Tingkat Konsumsi Surabaya Menurun | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tingkat Konsumsi Surabaya Menurun

Kamis, 30 April 2015 00:31 WIB

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Berdasarkan Survei Penjualan Eceran (SPE), konsumsi rumah tangga menunjukkan penurunan. Penurunan didorong lemahnya permintaan terutama pada kelompok barang perlengkapan rumah tangga serta makanan, minuman dan tembakau.

“Di tengah perlambatan kegiatan ekonomi Surabaya akibat masih lemahnya permintaan terhadap barang dan jasa, penjualan kelompok suku cadang serta barang budaya dan rekreasi di Maret 2015 masih menunjukkan kenaikan dibandingkan bulan sebelumnya. Namun, persepsi masyarakat sudah mulai menunjukkan sikap pesimis terhadap aktivitas konsumsi pada April 2015. Ini terlihat dari rendahnya Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Surabaya pada bulan berjalan,” ujar Deputi Kepala Perwakilan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Syarifuddin Bassara, kemarin (28/4).

Pelemahan permintaan terindikasi disebabkan kebijakan penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Di sisi lain, kenaikan harga BBM masih belum berpengaruh signifikan terhadap konsumsi BBM di masyarakat melihat penjualan BBM masih dalam batas normal dan diyakini meningkat pada April 2015 mengingat adanya perayaan Paskah (long weekend) pada bulan tersebut.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Ekonomi

Berita Terkait

Bangsaonline Video