5 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Terhindar dari Penyakit | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

5 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Terhindar dari Penyakit

Editor: sigit
Rabu, 02 November 2022 20:35 WIB

Berjalan kaki termasuk salah satu cara menjaga kesehatan tubuh. (foto: pixabay)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh merupakan hal yang sangat bernilai. Hal ini karena dengan memiliki tubuh yang sehat dan bugar dapat mencegah tubuh kita terserang dari penyakit, sehingga kita dapat tetap melakukan aktivitas sehari-hari.

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar menjadi keinginan semua orang. Hanya saja untuk mendapatkannya diperlukan konsistensi yang baik agar menjadi kebiasaan. Cara menjaga kesehatan tubuh sebenarnya sederhana, Dalam edisi kali ini, kita akan membahas kesehatan agar terhindar dari penyakit.

1. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Kita semua tahu bahwa makanan sehat dan bergizi adalah makanan yang memiliki nilai gizi seimbang dan mengandung vitamin, mineral, karbohidrat, mineral, protein, kalsium, lemak, serat dan air.

Maka dari itu, mengonsumsi berbagai makanan yang bergizi dan seimbang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sangat diperlukan.

Peranan pola makanan sehat sangatlah penting terutama untuk menjaga kondisi imunitas tubuh.

Pada dasarnya, sayur merupakan nutrisi baik bagi kesehatan tubuh. Hampir semua sayuran memiliki gula yang rendah, kadar lemak dan garam, tetapi kaya akan serat.

Pilihlah buah dan sayuran segar, terutama sayuran yang berdaun hijau seperti brokoli yang kaya akan nutrisi bagi kesehatan tubuh.

2. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup merupakan bagian dari gaya hidup sehat. Tidur yang cukup dapat berdampak baik bagi kesehatan tubuh kita. Waktu istirahat yang ideal bagi orang dewasa adalah 7-9 jam per hari.

Tidur bagi sebagian orang merupakan hal yang sepele untuk diperhatikan. Namun aktivitas ini justru dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh kita. Bila kita kurang tidur, maka terkena risiko penyakit seperti diabetes, hati, dan jantung akan lebih besar.

Salah satu pemicu terganggunya durasi tidur dan rendahnya kualitas tidur adalah kondisi tubuh seseorang dan pikiran yang stress.

Tidur yang cukup tampaknya menjadi kebiasaan sehat yang perlu diperhatikan oleh banyak orang. Sebab, masih banyak diantara kita yang mengalami gangguan susah tidur saat malam hari.

3. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga merupakan bentuk aktivitas fisik seseorang yang biasanya bersifat kompetitif dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan fisik sekaligus memberikan hiburan bagi pemain maupun penonton.

Olahraga bermanfaat baik bagi tubuh dikarenakan dapat membantu membakar lemak dalam tubuh, menjaga kesehatan organ dalam seperti mencegah dari penyakit jantung dan stroke, menekan diabetes, menurunkan tekanan darah tinggi, menjauhkan risiko osteoporosis, dan meningkatkan kualitas hidup.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video