Idul Adha 2023, Gubernur Khofifah Ingatkan Pentingnya Kesalehan Sosial dan Berbagi kepada Sesama | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Idul Adha 2023, Gubernur Khofifah Ingatkan Pentingnya Kesalehan Sosial dan Berbagi kepada Sesama

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Kamis, 29 Juni 2023 17:03 WIB

Gubernur Khofifah saat menunjukkan sapi dari Presiden Jokowi di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bersama keluarganya, Gubernur melaksanakan Sholat Idul Adha 1444H di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS), Kamis (29/6/2023). Sholat Idul Adha dimulai pukul 06.00 WIB dengan imam KH Abdul Hamid Abdullah dan khutbah dari Ketua Badan Wakaf Indonesia Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh.

Secara khusus, gubernur mengatakan bahwa momentum Hari Raya Idul Adha adalah waktu yang tepat untuk menjadi pengingat manusia untuk meningkatkan kesalehan sosial, yakni dengan ibadah tak hanya antara manusia dengan Allah melainkan juga berbagi dengan sesama.

“Hari Raya Idul Adha menjadi referensi untuk meningkatkan kesalehan sosial kita, dengan saling berbagi bahagia dan memberi sapaan kesejahteraan melalui pembagian daging hewan kurban. Mudah-mudahan Allah SWT memberikan tambahan kekuatan untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT. Semoga kita semua mendapatkan anugerah putra-putri yang soleh/solehah seperti yang diteladankan Nabi Ismail AS,” katanya.

Usai melaksanakan Sholat Id, Gubernur melakukan penyerahan hewan kurban secara simbolik di Taman Asmaul Husna di halaman MAS. Beberapa hewan kurban yang diserahkan antara lain sapi kurban dari Presiden RI Joko Widodo, sapi kurban Gubernur Jatim, Sapi kurban Dankodiklatal, Sapi kurban Wakil Gubernur Jatim, Sapi kurban Ketua DPRD Jatim, Sapi kurban Pangdam V Brawijaya, Sapi kurban Kapolda Jawa Timur, Sapi Kurban Pangko Armada II, Sapi Kurban Kajati Jatim, serta sapi kurban Sekda Prov Jatim.

Tahun ini kurban dari Presiden Joko Widodo yang diberikan pada MAS adalah jenis sapi Limosin dengan berat 1.150 kilogram. Dimana kurban ini merupakan sapi kurban ke-9 yang diberikan Kepala Negara, kepada MAS.

Secara spesifik, sapi kurban Presiden tersebut berumur 4 tahun, yang dibeli dari Peternak Bahrowi Yahya dari Desa Sumbersuko, Kecamatan Sumbersuko, Lumajang.

Sedangkan sapi kurban Gubernur adalah jenis Limosin berumur 2 Tahun 3 bulan dengan berat 1.100 kg, yang dibeli dari Peternak Agus Supriyanto dari Dusun Krajan, Desa Ngepung, Kecamatan Sukapura, Kab. Probolinggo.

“Kami ingin meniatkan kurban sapi tahun ini ditujukan untuk 7 almarhum Gubernur maupun Wakil Gubernur Jatim pendahulu kami. Semoga beliau mendapatkan tetesan rahmat dan berkah dari penyembelihan hewan kurban,” tegasnya.

Diantaranya yakni Alhamarhum Gubernur Suryo, dr. Mardjani, R. Samadikun, Raden Tumenggung Ario Milono, Raden Soewondo Ranoewidjojo, Mochamad Wijono dan Raden Panji Mohammad Noer Letnan Jenderal TNI (Purn.)

Tak hanya itu, di waktu yang sama, juga menyalurkan hewan kurban, di Masjid Raya Islamic Center Surabaya. Sapi kurban yang di amanahkan yakni sapi jenis Limousin dengan bobot kurang lebih 900 kg. Sapi ini juga akan disembelih atas nama Para 7 Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim terdahulu yang telah wafat.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video