Walau Merantau di Kediri, Fansuri Fikri Tetap Bisa Nikmati Layanan JKN | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Walau Merantau di Kediri, Fansuri Fikri Tetap Bisa Nikmati Layanan JKN

Editor: Novandryo
Wartawan: Muji Harjita
Jumat, 11 Oktober 2024 19:57 WIB

Fansuri Fikri Haikal

KEDIRI,BANGSAONLINE.com - Kesehatan menjadi modal utama dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Hadirnya Program Jaminan Kesehatan Nasional () disebut sangat membantu masyarakat akan kebutuhan jaminan pelayanan kesehatan.

Telah banyak manfaat dirasakan oleh rakyat Indonesia, salah satunya Fansuri Fikri Haikal (26), salah seorang peserta segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) asal Lampung namun telah lama tinggal di .

“Saya terdaftar menjadi peserta sejak tahun 2021. Motivasi untuk mendaftar adalah karena kita tidak pernah tahu kapan datangnya penyakit. Sedangkan biaya untuk berobat saat ini sangat mahal. Jadi bagi saya asuransi mengenai kesehatan itu sangat penting untuk melindungi kita. Hadirnya menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan asuransi kesehatan,” kata Haikal, beberapa waktu lalu.

Haikal menuturkan jika dirinya pernah memanfaatkan untuk pengobatan telinganya pada tahun 2022. 

Saat itu Haikal mengeluhkan jika telinganya terasa sakit sehingga ia memutuskan untuk memeriksakan kondisinya tersebut ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama () mitra tempatnya terdaftar.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, lanjutnya, dokter menyatakan telinga Haikal mengalami infeksi dan membutuhkan penanganan lebih lanjut. 

Dalam kurun waktu satu minggu, telinga Haikal berangsur pulih walaupun dokter menyampaikan jika nantinya dikemudian hari kembali sakit, ia diminta untuk memeriksakan diri kembali.

“Waktu pertama kali pindah ke , saya tidak tahu jika belum pindah ke fasilitas kesehatan sesuai domisili kita tetap bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. Alhasil saya ke dokter umum biasa secara mandiri tanpa menggunakan . Sekali berobat hanya sekedar batuk pilek bisa mencapai 500 ribu rupiah. Padahal ketika menggunakan semua bisa gratis. Ternyata semahal itu biaya kesehatan. Jadi sangat terbantu dengan adanya . Setelah itu saya langsung mengganti lokasi fasilitas kesehatan sesuai dengan domisili terdekat menggunakan Aplikasi Mobile . Jadi sekarang merasa aman karena bisa menggunakan kembali ,” tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video