Harga Gula Tembus Rp 16.000/Kg, Disinyalir Imbas Permainan Distributor | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Harga Gula Tembus Rp 16.000/Kg, Disinyalir Imbas Permainan Distributor

Senin, 23 Mei 2016 22:32 WIB

Subianto

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Meroketnya harga gula hingga mencapai Rp 16 ribu per kilogram disinyalir imbas dari permainan distributor yang memborong gula Jawa Timur untuk dijual ke pasar luar Jatim. Subianto, anggota komisi B DPRD Jatim, menyampaikan Jatim merupakan daerah surplus gula.

Namun, ironisnya harga gula meroket hingga Rp 16 ribu per kilogram. Fakta itu mengindikasikan ada pihak tertentu yang bermain hingga mengakibatkan harga gula mencapai Rp 16 ribu per kilogram. Padahal pada bulan April lalu, harga gula ada di kisaran Rp 11 ribu per kilo.

"Peran Perum Bulog yang harusnya menjadi penyangga pangan malah tidak melakukan langkah tepat untuk menekan harga gula. Ironisnya lagi, langkah antisipasi pun tidak dilakukan Bulog," kritik politisi Partai Demokrat itu, Senin (23/5).

Wakil Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Jatim ini menegaskan, terkait ulah distributor menjual gula asal Jatim ke luar Jatim, pemerintah tidak bisa membatasi. Karena itu bagian dari pasar bebas.

Maka, yang harusnya melakukan langkah antisipasi adalah Bulog Jatim karena peran Bulog adalah penyangga pangan. Tapi nyatanya Bulog tidak bisa menjalankan peran dan fungsinya. Imbasnya saat kondisi stok pangan minim, harga langsung meroket tajam. Karena tidak ada langkah antisipatif yang dilakukan Bulog.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video