Gerakan Ekonomi Islam Nusantara Dideklarasikan di Haul Ke-45 Mbah Wahab di Jombang | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gerakan Ekonomi Islam Nusantara Dideklarasikan di Haul Ke-45 Mbah Wahab di Jombang

Wartawan: Romza
Minggu, 14 Agustus 2016 09:29 WIB

Penandatanganan deklarasi ekonomi islam nusantara di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, Sabtu (13/8) malam. foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Gerakan Islam Nusantara resmi dideklarasikan di akhir acara pengajian peringatan Haul Ke-45 KH Wahab Chasbullah (Mbah Wahab) di depan halaman Pondok Pesantren Bahrul Ulum (PPBU) Tambakberas, Sabtu (13/8) malam. Gerakan Islam Nusantara tersebut merupakan kelanjutan dari gagasan Nahdlatut Tujjar Mbah Wahab sebelum mendirikan Nahdlatul Ulama (NU).

Deklarasi tersebut, secara simbolis dilakukan dengan penandatanganan oleh Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa, Ketua Umum PBNU KH Said Agil Siradj, serta KH Hasib Chasbullah salah satu Putra Mbah Wahab.

"Syirkah inan ini, sebenarnya sudah berdiri sejak lama. Sebagai kelanjutan dari Nahdlatut Tujjar, gagasannya mbah Wahab. Yaitu gerakan pedagang, santri, yang betul-betul mandiri dalam bidang ekonomi dan tidak bergantung kepada siapa pun. Nah, semangatnya kita hidupkan lagi dengan nama lain Deklarasi Gerakan Islam Nusantara," kata Said di PPBU Tambak Beras Jombang.

Tujuan dari Deklarasi Nusantara tak lain untuk meningkatkan kemandirian serta kesejahteraan warga NU. Sebab, tak bisa dipungkiri, hingga kini masih banyak warga nahdliyin dalam kekurangan. Sehingga diharapkan, dengan adanya gerakan ini, warga NU bisa bahu-membahu satu sama lain untuk meningkatkan taraf hidupnya.

"Kita ingin memberikan advokasi terhadap warga NU yang miskin. Dengan gerakan ini, kita akan lakukan pemberdayaan, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraannya," imbuhnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video