Lewat Program Kemudahan Impor Tujuan Ekspor, Produk IKM Blitar Diharapkan Lebih Kompetitif | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Lewat Program Kemudahan Impor Tujuan Ekspor, Produk IKM Blitar Diharapkan Lebih Kompetitif

Wartawan: Akina Nur Al Ana
Selasa, 21 Maret 2017 19:00 WIB

Sosialisasi KITE IKM, di kantor Pelayanan Dan Perijinan Bea Cukai Tipe Pratama Blitar. foto: AKINA/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Pemerintah meluncurkan fasilitas berupa kemudahan impor tujuan ekspor (KITE) untuk Industri Kecil dan Menengah (IKM). Kemudahan tersebut adalah Paket Kebijakan Ekonomi Tahun 2015 yang diamanatkan berdasarkan perubahan PMK no 176/PMK.04/2013 . Di mana, diatur tentang KITE pembebasan untuk memberikan fasilitas fiskal dan prosedural bagi usaha kecil dan menengah.

Di Blitar, fasilitas KITE IKM juga telah disosialisasikan kepada pemilik IKM yang menggunakan bahan baku impor oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kantor Wilayah Jawa Timuri, Selasa (21/03).

Kabid Fasilitas Kepabean Kanwil Direktur Bea dan Cukai Jawa Timur II, Nelson Hasoloan mengatakan, dari 100 persen perekonomian nasional, 57 persen disumbang oleh sektor UKM. Sehingga fasilitas ini diperlukan untuk mempermudah para UKM, sehingga semakin mendongkrak kemajuan UKM di Indonesia.

"Dari data tersebut maka dirasa sangat perlu untuk membangun dan menghidupkan perdagangan Internasional, dan membuat produk UMKM lebih kompetitif," papar Nelson Hasoloan.

Lanjut Nelson Hasoloan, dari 57 persen kontribusi UMKM pada perekonomian nasional itu, mampu menyerap 97 persen tenaga kerja. Di mana 16 persen dari UMKM itu merupakan ekspor nasional . Kebijakan tersebut kata Nelson akan membuat prngusaha UMKM dibrbaskan dari bea masuk, PPN, dan PPNBM, sehingga otomatis akan memangkas biaya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video