Setengah Juta Rumah di Jatim Belum Teraliri Listrik | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Setengah Juta Rumah di Jatim Belum Teraliri Listrik

Editor: Revol Afkar
Wartawan: M Didi Rosadi
Rabu, 13 Maret 2019 22:26 WIB

Setiadjit, S.H., M.M., Kepala Dinas ESDM Provinsi Jatim. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi menyebut 5,4 persen atau lebih dari 1/2 juta rumah di Jatim belum teraliri listrik. Dari jumlah tersebut 56.000 merupakan rumah tangga miskin.

Kepala Dinas ESDM, Setiajit mengatakan dari tahun ke tahun Pemprov Jatim terus berupaya membantu warga untuk mendapatkan sambungan listrik. Bahkan menurutnya, Gubernur Khofifah Indar Parawansa telah memberikan amanat agar Dinas ESDM dan stakeholder membantu masyarakat miskin untuk kebutuhan listrik agar bisa digunakan sebagai usaha mikro.

“Pada wilayah Madura akan dipasang instalasi listrik dan sambungan listrik sebanyak 107.537 rumah tangga. Diprioritaskan untuk warga miskin. Sedangkan untuk yang kepulauan, Gubernur akan memasang 1067 listrik tenaga surya hemat energi (LTSHE),” ujar Setiajit, Rabu (13/3).

Mantan kepala Dinas Tenaga Kerja Jatim ini mengatakan tahun 2018 rasio elektrifikasi sebanyak 94,64 persen. Menurutnya target untuk 2019 meningkat menjadi 96,5 persen. “Setidaknya 2-3 persen yang harus diselesaikan,” tegas mantan Penjabat Sementara Bupati Jombang itu.

Setiajit mengatakan, daerah-daerah yang banyak belum teraliri listrik adalah Kabupaten karena banyak kepulauan, , , , dan . Menurutnya di daerah lain ini juga ada yang belum teraliri listrik. Hanya saja yang paling besar di rumah daerah itu.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video