Gadaikan SK Pengangkatan CPNS, Cara Pegawai Pemprov Jatim Atasi Himpitan Ekonomi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gadaikan SK Pengangkatan CPNS, Cara Pegawai Pemprov Jatim Atasi Himpitan Ekonomi

Editor: Dur/Revol
Wartawan: Nisa
Selasa, 24 Maret 2015 20:45 WIB

SURABAYA (BangsaOnline) - Di Kantor Koperasi Setdaprov Jatim, yang masih satu lingkup dengan Kantor di Jalan Pahlawan, hampir setiap hari bisa disaksikan fenomena yang mondar-mandir menenteng SK (Surat Keputusan) Pengangkatan C untuk ‘disekolahkan’. Dengan cara begitulah para mengaku baru bisa ‘bernafas’ karena himpitan ekonomi yang dirasa kurang sejahtera.

Seorang yang enggan disebutkan namanya menggambarkan, jika seluruh yang bertugas di dikumpulkan di satu ruangan, kemungkinan 99 persen menggadaikan SK pengangkatannya. SK terpaksa digadaikan karena tunjangan di luar gaji pokok yang diterima setiap bulannya dirasa kurang untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya.

Ia menuturkan, di Koperasi Setdaprov Jatim, dengan menyertakan jaminan SK Pengangkatan bisa laku senilai Rp 50 juta. “Tapi ya kita tidak ambil semuanya. Ambilnya tergantung kebutuhan. Saat ini saya butuh uang Rp 20 juta, maka saya ambil utangan Rp 20 juta dengan SK pengangkatan saya menjadi jaminannya. Kalau ambil semua Rp 50 juta, ngangsurnya terasa berat,” terang dia, Selasa (24/3).

Selain di Koperasi Setdaprov Jatim, sejumlah bisa menggadaikan SK pengangkatannya ke Bank Jatim. “Kalau ke Bank Jatim enak, begitu gaji keluar, langsung dipotong dengan angsuran utang yang harus dibayar,” timpal lainnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   PNS Pemprov Jatim

Berita Terkait

Bangsaonline Video