8 Kandidat Lolos Seleksi Administratif, Calon Sekdaprov Jatim Harus Punya Modal Spiritualitas

8 Kandidat Lolos Seleksi Administratif, Calon Sekdaprov Jatim Harus Punya Modal Spiritualitas Anggota Komisi A DPRD Jatim, Ahmad Hadinuddin. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Proses Pendaftaran dan pengumuman seleksi administratif calon pejabat tinggi madya atau Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jawa Timur (Jatim) telah dilakukan panitia seleksi (Pansel). Alhasil, ada 8 nama lolos dari 9 nama yang mendaftar dan dewan belum menemukan sosok yang mumpuni secara sempurna untuk menduduki jabatan itu.

Anggota , , mengatakan bahwa dari delapan nama yang sudah lolos administratif belum diketahui bobot dan kemampuannya untuk menjadi . Jabatan ini membutuhkan sosok yang tak hanya pintar secara akademisi, ada banyak hal yang harus dimiliki sebagai pejabat utama yang menjabarkan visi misi gubernur dan wakilnya.

Baca Juga: Adhy Karyono Resmikan Kawasan Kuliner Halal Pertama di Jawa Timur

“Calon yang hanya pintar tapi miskin tidak akan membawa kemajuan bagi Jawa Timur,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Senin (14/3).

Menurut dia, tugas tidak mudah. Sebab, birokrat dengan level tertinggi di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim itu bagaikan penyambung dan penerus cita-cita luhur untuk kepentingan masyarakat.

“Pejabat yang miskin spritual hampir dipastikan dirinya terputus dari cita-cita para leluhur,” ucap politikus dari Gerindra Dapil Banyuwangi, Bondowoso, dan Situbondo itu.

Baca Juga: Jelang HUT Ke-79 Jawa Timur, Adhy Karyono Ziarah dan Tabur Bunga ke Makam Gubernur Soerjo

Terkait 8 nama yang sudah lolos seleksi administrasi, Hadinuddin menyebut semuanya belum memenuhi syarat yang disebutkan. Ia meminta Pansel yang dipimpin M Nuh untuk tidak mengukur calon dari kepangkatan dan gelar akademis, tapi harus melihat sisi nya juga.

Ia berharap, yang membidangi pemerintahan dilibatkan dalam proses rekruitmen calon .

“Mewakili masyarakat Jawa Timur, Komisi A perlu memanggil calon-calon Sekda yang sudah lolos. Kalau ternyata tidak memenuhi syarat, Komisi A bisa melayangkan surat ke gubernur,” kata Hadinuddin.

Baca Juga: Pj Gubernur Jatim Ajak Teladani Nilai Pancasila Sebagai Semangat Wujudkan Indonesia Emas 2045

Pansel telah menetapkan sejumlah nama pendaftar yang lolos seleksi administrasi. Dari sembilan pendaftar yang masuk dalam daftar, delapan di antaranya dinyatakan memenuhi syarat dan lainnya dinyatakan gugur.

Keputusan ini tertuang dalam surat nomor: 800/1735/pansel-JPTM/20222 Tentang seleksi administrasi pengisian jabatan pimpinan tinggi madya Tahun 2022. Sekretaris Pansel , Aries Agung Paewai, menyebut sembilan pendaftar yang masuk telah diteliti berkas administrasinya. 

Kemudian, berdasarkan rapat pansel terbuka , Sabtu (12/3), diputuskan delapan pelamar yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti tahapan selanjutnya. Mereka adalah Adhi Karyono (Staf Ahli Menteri Sosial RI); Benny Sampirwanto (Asisten I ); Bobby Soeimarsono (Kepala BPKAD Jatim); Indah Wahyuni (Kepala BKD Jatim); Jumadi (Kepala Dishut Jatim); Mohammad Yasin (Kepala Bappeda Jatim); Mokhammad Sodiq Triwidiyanto (Sekretaris Daerah Kabupaten Ngawi); dan Nurkholis (Kadis ESDM Jatim).

Baca Juga: Terima Dubes Guatemala untuk Indonesia, Pj Gubernur Jatim Jajaki Kerja Sama Bidang Ekonomi hingga Bu

“Dari sembilan yang mendaftarkan diri, tujuh orang merupakan pejabat eselon II dan satu orang dari Pemkab Ngawi yaitu Sekda Ngawi serta satu pelamar dari Kementerian Sosial. Selanjutnya, untuk delapan pelamar yang memenuhi persyaratan administrasi ini akan mengikuti tahapan selanjutnya yaitu asesmen yang akan dilaksanakan mulai tanggal 16-18 Maret 2022 di Asesmen Center Badan Kepegawaian Nasional Jakarta,” urai Aries. (mdr/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO